Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas (Studi pada Peruahaan Sub Sektor Kometik yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneia Tahun 2012-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Untuk itu penulis mengambil data laporan keuangan dari 5 perusahaan sub sektor kosmetik periode 2012-2018 untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Uji Hipotesis dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS 25. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas (Return on Assets) dan untuk variabel independen yaitu Ukuran perusahaan (size) dan Leverage (Debt to Assets Ratio). Hasil penelitian ini menunjukan ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas secara simultan melalui uji F, dan melalui uji t secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Dan melaui pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan leverage mempunyai pengaruh 81,7% terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdafar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2018