Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah : Literatur Review
Abstract
Latar Belakang : Jenis pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak dapat mempengaruhi perkembangan anak usia pra sekolah, karena usia pra sekolah adalah usia dimana seluruh aspek perkembangan mulai berkembang dan menjadi dasar untuk perkembangan anak di masa depan. Sehingga , jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya akan berdampak pada masa depan anak kelak. Tujuan : Untuk mereview jurnal-jurnal tentang hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Metode : Penelitian ini menggunakan literatur review 10 jurnal , 3 jurnal internasional dan 7 jurnal nasional. Hasil Penelitian : Dari telaah 10 jurnal, sebanyak 7 jurnal didapatkan hasil penelitian terdapat hubungan antara pola asuh orang tua yang demokratis dengan perkembangan anak pada usia pra sekolah sesuai dengan usia. Hasil penelitian menunjukkan nilai pvalue < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah. Kemudian, sebanyak 2 jurnal hasil penelitiannya adalah terdapat hubungan pola asuh orang tua yang otoriter dengan perkembangan anak yang kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai pvalue < 0,05 yang berarti terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak pra sekolah dan, 1 jurnal didapatkan hasil penelitian bahwa tidak terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak, Hal ini diakibatkan karena kelompok orang tua berpendapat semakin tinggi sosial ekonomi maka semakin baik tingkat perkembangan anak. Sehingga perkembangan anak lebih di pengaruhi oleh tingkat sosial ekonomi orang tua. Kesimpulan : Dari 10 jurnal sebanyak 9 jurnal didapatkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia pra sekolah dan 1 jurnal tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak.