Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Klinik Islamic Center Kota Samarinda
Abstract
Latar Belakang : Mutu pelayanan/jasa, adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Maka, baik tidaknya mutu pelayanan/jasa tergantung pada penyedia pelayanan/jasa dalam memenuhi harapan pelanggannya secara konsisten. Minat pembelian ulang merupakan bagian dari perilaku purna pembelian, setelah membeli produk, konsumen akan mengalami level kepuasan atau ketidakpuasan terhadap kinerja dari penyedia pelayanan/jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan Klinik Islamic Center. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah jenis penelitian cross sectional yang telah dilakukan di Klinik Islamic Center. Sampel penelitian ini bejumlah 96 responden dengan teknik accidental sampling. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel kehandalan , daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik pelayanan dengan minat kunjungan ulang di Klinik. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik pada setiap dimensi mutu pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles) dengan minat kunjungan ulang pasien.