Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuti, Endang
dc.contributor.authorDirdjo, Maridi M.
dc.contributor.authorIsmahmudi, Ramdhany
dc.date.accessioned2019-03-14T06:03:09Z
dc.date.available2019-03-14T06:03:09Z
dc.date.issued2015-02-21
dc.identifier.citationAmerican Nurses Association. (1996). Nursing quality indicators: Definitions and implications. Washington, DC: American Nurses Publishing. Arikunto, S. 2010, Prosedur Penelitian ; Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi X. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar A. 2005. Ilmu Kesehatan Masyarakat Suatu Survey. Jakarta. PT. Binarupa Aksara. Azwar, A., 2003, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta. Brown(2001). Women’s Evaluation of Intrapartum Nonpharmacological Pain Relief Methods Used during Labor. The Journal of Perinatal Education Vol. 10, No. 3, 2001. Arlington. USA. Haley, L.(2003). Pain Games Armed At Understanding Kids. Dibuka pada tanggal 26 September 2014. Dikutip dari website: http//www.proquest.umi.com/pqdauto. Hidayat, A.A. 2009. Metode Penelitian Kebidanan Tehnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika. Kotler, P. 2000. Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). Jakarta : PT Indeks Lamri. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Minat Perilaku Penderita Rawat Inap Di RSI Samarinda. Samarinda : Journal Management Pelayanan Kesehatan. Mansjoer.Arief.(2000).Kapita Selekta Kedokteran.Edisi III. Jakarta: Media Aesculapius FKUI. Marpuah. 2005. Hubungan Persepsi Perawat Pelaksana Terhadap Program Orientasi Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Roemani. Skipsi. Semarang : Tidak Diterbitkan Mc Closkey, C. Joanne & Bulecheck, M. Gloria. (2000). Nursing Interventions Classification (NIC). Third Edition. United State of America: Mosby, Inc. Megawati, (2010). Gambaran Faktor - faktor yang Mempengaruhi respon nyeri pada pasien post laparatomi di ruang B2 RSUP H. Adam Malik Medan. www.unmam.com. Diunduh 02 Pebruari 2012. Notoatmodjo, S. 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, PT Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta. PT Rineka Cipta. Nursalam. (2008). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktek Keperawatn Profesional, Edisi 2, Jakarta : Salemba Medika. Parasuraman, A.,Leonard L.B., Zeithaml, A., Valarie, A. (1990) Delivering Quality Service:Balancing Customer Perceptionns and Expectations. The Free Press. A division of Macmillan Inc. Potter, P. A & Perry, A.G. (1997). Fundamental of nursing: concepts, process & practice. St. Louis Missouri: Mosby Company. Purnomo, E.(2002) Sistem Analisis, Andi Offset, Yogyakarta. Purwanto. 2007. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Available online at http://klinis.wordpress.com (diakses 26 Agustus 2014). Riduwan, 2010. Belajar mudah Penelitian untuk Guru-karyawan peneliti pemula, Bandung, Alfabeta. Riyanto, A. 2011. Aplikasi metodologi penelitian kesehatan, Yogyakarta. Nuha Medika Singarimbun, M. 2000. Metode Penelitian Survey. Jakarta :LP3ES Sjamsuhidajat,R. (2005). Buku Ajar Ilmu Bedah. Edisi Revisi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta Smeltzer, S. C, & Bare, B.G. (2001). Buku ajar keperawatan medikal bedah Brunner and Suddarth. (8 th edition): editor, Suzanne C. Smeltzer, Brenda G. Bare; alih bahasa, Agung Waluyo, dkk; editor edisi bahasa indonesia, Monica Ester, Ellen panggabean. Jakarta: EGC. Soetjiningsih(1995).Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta Sugiyono. 2010. Statistik untuk penelitian, Bandung. Alfabeta. Supranto.2001. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta. Suyanto. 2009. Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Jogjakarta : Mitra Cendikia Press. Wall & Jones(1991), Essential Medical Terminology, Jones &Barlett Publishers, Boston Wardhono, P.S. 2002. Menuju Keperawatan Profesional. Semarang : Akper Departemen Kesehatan. Wexley dan Yulk(1984). Manajemen Pemasaran Internasional, Erlangga, Jakartaid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1094
dc.description.abstractLatar belakang : Setiap pembedahan selalu berhubungan dengan perlukaan yang merupakan trauma. Salah satu keluhan yang sering dikemukakan adalah nyeri. Nyeri setelah pembedahan merupakan salah satu keluhan yang paling ditakuti oleh klien setelah pembedahan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen nyeri non farmakologis untuk mengurangi nyeri. Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan managemen nyeri non farmakologis dengan kepuasan pasien post operatif di Ruang Edelweis dan Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Metode penelitian : Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien post operatif yang dirawat di Ruang Edelweis dan Seruni RSUD Taman Husada Bontang yang berjumlah 30 orang, cara pengambilan sampel dengan accidental sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai managemen nyeri non farmakologis sebanyak 3 item pernyataan dan kuisioner kepuasan pasien post operatif sebanyak 25 item pernyataan. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian : Hasil uji statistik Chi Square diketahui nilai p value = 0,001. Nilai tersebut lebih kecil dari α (p<0,05) maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara managemen nyeri non farmakologis dengan kepuasan pasien post operasi di Ruang Edelweiss dan Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan/ bermakna antara managemen nyeri non farmakologis dengan kepuasan pasien post operasi di Ruang Edelweis dan Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectmanagemen nyeri non farmakologisid_ID
dc.subjectpost operasiid_ID
dc.subjectkepuasan pasienid_ID
dc.titleHubungan Penerapan Manajemen Nyeri Non Farmakologi dengan Kepuasan Pasien Post Operatif di Ruang Edelweiss dan Seruni RSUD Taman Husada Kota Bontangid_ID
dc.title.alternativeThe Correlation of Non-Farmacologic Pain Management Treatment and Post Surgery Patient Satisfaction in Edelweiss and Seruni Ward Rsud Taman Husada Bontangid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record