Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa/Siswi di SMK Negeri 7 Samarinda
Date
2015-02-10Author
Ernawati, Rini
Sujatmoko, Endro
Sureskiarti, Enok
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Pada saat ini kemajuan teknologi internet berkembang begitu pesat dan menjadi sangat menarik di kalangan remaja, dan juga dapat digunakan untuk bermain game secara bersamaan (multiplayer) melalui permainan game online, karena sifat yang tidak terbatasnya oleh waktu akses, interaktif, menantang, dan sangat variatif sehingga banyak remaja sekolah yang memainkan permainan game online menjadi kecanduan membuat terganggu proses pendidikannya sehingga berdampak pada prestasi belajarnya yang kurang baik dikarenakan mereka tidak fokus pada proses pembelajaran. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game online dengan prestasi belajar siswa/siswi di SMK Negeri 7 Samarinda. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan selama November 2014 hingga januari 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi yang berada di SMK Negeri 7 Samarinda berjumlah 360 orang. Cara pengambilan sampel dengan simple random sampling didapatkan 189 orang. Alat yang digunakan yaitu kuesioner. Analisa untuk uji hipotesis dengan uji statistic Chi Square. Hasil Penelitian: Hasil uji statistic Chi Square diketahui nilai p = 0,059 nilai tersebut lebih kecil dari alfa (P<0,05) maka HO ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara kecanduan bermain game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMK Negeri 7 Samarinda. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan /bermakna antara kecanduan bermain game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMK Negeri 7 Samarinda. Saran: Karena tugas seorang perawat tidak hanya merawat pada aspek jasmani saja namun aspek rohani juga sangat perlu untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.