Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas 2 dan 3 di SD Negeri 011 Samarinda Tahun 2014
Date
2015-02-17Author
Nasution, Melisa Afriani
Ernawati, Rini
Jumberi, Jumberi
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : Anak merupakan makhluk yang membutuhkan perhatian, kasih sayang dan tempat bagi perkembangannya. Anak juga merupakan pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan (Hastuti, 2012). Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan oleh orang tua. Pola asuh merupakan suatu model atau cara mendidik anak yang merupakan suatu kewajiban dari setiap orang tua dalam usaha membentuk pribadi anak yang sesuai dengan masyarakat pada umumnya (Soetjiningsih, 2004). Kesalahan dalam memberikan pola asuh maupun menyikapi pertumbuhan anak dengan melarang anaknya untuk beraktivitas, sering memarahi anak ketika membuat kesalahan, akan membuat anak menjadi murung karena peran sosial dan tanggung jawab sosial yang rendah dalam mengintrogasikan anaknya, sehingga anak menunjukkan kekakuan dan penurunan komunikasi verbal, yang akhirnya perkembangan anak terganggu (Isye, 2006). Tujuan Penelitian : mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas 2 dan 3 Di SD Negeri 011 Samarinda. Metode Penelitian : penelitian dengan metode deskriptif korelasional menggunakan Cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel penelitian 163 responden, sedangkan instrumen penelitian data menggunakan kuesioner, pada analisa bivariat menggunakan Chi Square. Hasil Penelitian : hasil penelitian didapatkan responden yang memiliki pola asuh autoritatif sebanyak 147 responden (90.2.0%), respondenyang memiliki pola asuh permisif sebanyak 16 orang (9.8%) . Anak responden yang memiliki perkembangan psikososial baik sebanyak 108 orang (66.3%), sedangkan yang memiliki perkembangan psikososial kurang baik sebanyak 55 orang (33.7%). Uji Chi Square diperoleh hasil p value 0,005 (p value (<0,05), maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak kelas 2 dan 3 di SD Negeri 011 Samarinda. Kesimpulan : Dari semua responden, sebagian besar memiliki pola asuh autoritatif dan sebagian besar memiliki perkembangan psikososial anak yang baik.