Show simple item record

dc.contributor.authorNasution, Melisa Afriani
dc.contributor.authorErnawati, Rini
dc.contributor.authorJumberi, Jumberi
dc.date.accessioned2019-03-26T07:36:12Z
dc.date.available2019-03-26T07:36:12Z
dc.date.issued2015-02-17
dc.identifier.citationAmperiana, S. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Personal Anak Usia Prasekolah. Jurnal Sain Med, 5, (1), 11-14. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arwanti, N.M.S. (2009). Swadharma Ibu dalam Keluarga Hindu. Denpasar : Widya Dharma. Astuti E.S. (2004) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gejala Kenakalan Anak/Remaja dan Penanggulangannya. Skripsi, tidak dipublikasikan, Semarang, Universitas, Indonesia. Dahlan, M.S. (2012). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika Djiwandono, S.E. (2006). Psikologi Pendidikan. (Edisi 3). Jakarta : PT. Grasindo. Gunarsa, S. D. (2004). Bunga rampai psikologi perkembangan dari anak sampai usia lanjut. Jakarta : BPK Handoko D.A. (2012) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri Gedongkiwo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, tidak dipublikasikan. Hastuti. (2012). Psikologi perkembangan anak . Jakarta : Tugu Publisher. Hidayat, A.A. (2006). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika Hockenberry, J.M., & Wilson, D. (2007). Wong’s Nursing care of infant and childrens (18 th edition). Canada : Mosby Company Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka . (2006). Perkembangan Anak. (Jilid 1). Jakarta : Erlangga. Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Isye, W. (2006). Sampai Mana Kemampuan Anak Prasekolah ?. Jakarta : Klinik Pela. Muscari, M.E. (2005). Panduan Belajar: Keperawatan Pediatrik (terj. Aifrina Hani) (edisi 3). Jakarta : EGC Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta . (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. . (2010), Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. (Edisi II). Jakarta : Salemba Medika. Papalia, D.E., Old, S.W., Feldman, R.D. (2008). Human Development (Terj.A.K.Anwar).(Edisi 9). Jakarta : Kencana Prenada Media Group Potter & Perry. (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktek. Edisi 4. Vol 1. Jakarta : EGC Pramawati, N. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, (1), 87-92. Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Santoso, S. (2009). Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Shochib, M. (2000). Pola Asuh Orangtua. Jakarta : Rineka Cipta. Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC. . (2007). Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta : Sagung Seto. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. . (2010). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Suharsono, J.T. (2009). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK PertiwiPurwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Of Nursing), 4, (3), November 2009. Surayin. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya. Suryantina, E.H. (2002). Kemandirian Ditinjau dari Kebutuhan Berafiliasi dan Urutan Kelahiran pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Widyastuti, D., Retno, W. (2009). Panduan Perkembangan Anak Usia 0-1 tahun. Jakarta : Puspa Swara. Wong, D.L. dkk. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, (Vol. 2). Jakarta : EGC. Yuniartiningtyas, F. (2011). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Tipe Keperibadian dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Pada Siswa SMP. Skripsi, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Malang. Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1141
dc.description.abstractLatar Belakang : Anak merupakan makhluk yang membutuhkan perhatian, kasih sayang dan tempat bagi perkembangannya. Anak juga merupakan pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan (Hastuti, 2012). Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan oleh orang tua. Pola asuh merupakan suatu model atau cara mendidik anak yang merupakan suatu kewajiban dari setiap orang tua dalam usaha membentuk pribadi anak yang sesuai dengan masyarakat pada umumnya (Soetjiningsih, 2004). Kesalahan dalam memberikan pola asuh maupun menyikapi pertumbuhan anak dengan melarang anaknya untuk beraktivitas, sering memarahi anak ketika membuat kesalahan, akan membuat anak menjadi murung karena peran sosial dan tanggung jawab sosial yang rendah dalam mengintrogasikan anaknya, sehingga anak menunjukkan kekakuan dan penurunan komunikasi verbal, yang akhirnya perkembangan anak terganggu (Isye, 2006). Tujuan Penelitian : mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas 2 dan 3 Di SD Negeri 011 Samarinda. Metode Penelitian : penelitian dengan metode deskriptif korelasional menggunakan Cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel penelitian 163 responden, sedangkan instrumen penelitian data menggunakan kuesioner, pada analisa bivariat menggunakan Chi Square. Hasil Penelitian : hasil penelitian didapatkan responden yang memiliki pola asuh autoritatif sebanyak 147 responden (90.2.0%), respondenyang memiliki pola asuh permisif sebanyak 16 orang (9.8%) . Anak responden yang memiliki perkembangan psikososial baik sebanyak 108 orang (66.3%), sedangkan yang memiliki perkembangan psikososial kurang baik sebanyak 55 orang (33.7%). Uji Chi Square diperoleh hasil p value 0,005 (p value (<0,05), maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak kelas 2 dan 3 di SD Negeri 011 Samarinda. Kesimpulan : Dari semua responden, sebagian besar memiliki pola asuh autoritatif dan sebagian besar memiliki perkembangan psikososial anak yang baik.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPola Asuhid_ID
dc.subjectPerkembanganid_ID
dc.subjectPsikososialid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas 2 dan 3 di SD Negeri 011 Samarinda Tahun 2014id_ID
dc.title.alternativeRelation Between Parenting With The Children Psychosocial Development of 2nd And 3 Nd Grade Students of SDN 011 Samarinda in 2014id_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record