Hubungan Mutu Pelayanan dengan Motivasi Kunjungan Pasien di PUSKESMAS Air Putih Samarinda Tahun 2014
Date
2015-02-18Author
Kurniawati, Rinda
Suwanto, Suwanto
Ismansyah, Ramdhany
Metadata
Show full item recordAbstract
menjadi salah satu kebutuhan mendasar selain pangan, sandang dan papan dan juga pendidikan. Pelayanan kesehatan yang berkualitas mendukung pencapaian pembangunan kesehatan. Pemerintah telah menyediakan beberapa sarana atau fasilitas kesehatan beserta tenaga kesehatannya. Salah satu fasilitas kesehatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat adalah puskesmas. Puskesmas merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang paling penting mengemban tugas untuk memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Namun tidak semua Puskesmas yang ada di Indonesia memiliki standar pelayanan dan kualitas yang sama. Puskesmas berupaya memberikan pelayanan sehingga pengunjung merasa puas atas kinerja pelayanan kesehatan masyarakat.
Tujuan Penelitian, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan motivasi kunjungan pasien di Puskesmas Air Putih Samarinda tahun 2014. Metode Penelitian, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional Study yang akan melihat hubungan mutu pelayanan dengan motivasi kunjungan pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode Chi-Square. Berdasarkan uji analitik ini maka dapat diketahui ada tidaknya hubungan variable independen (mutu pelayanan) dengan variabel dependen (motivasi kunjungan). Hasil Penelitian, Dari hasil penelitian terlihat bahwa p value sebesar 0,035 lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan Puskesmas Air Putih dengan motivasi kunjungan pasien ke Puskesmas Air Putih. Dari hasil analisis diperoleh pula nilai OR = 2,9, sehingga dapat diartikan mutu pelayanan Puskesmas Air Putih yang baik mempunyai peluang 2,9 kali lebih besar untuk motivasi kunjungan pasien ke Puskesmas Air Putih dibandingkan mutu pelayanan yang kurang baik.