Analisa Faktor Lingkungan Biologis Meliputi Status Gizi dan Perawatan Kesehatan Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Samarinda Khususnya ABA 3,6,7 & 8.
Abstract
Latar belakang : Perkembangan sosial adalah proses kemampuan belajar dan tingkah laku yang berhubungan dengan individu untuk hidup sebagai bagian dari kelompoknya. Didalam perkembangan sosial, anak dituntut untuk memiliki kemampuan yang sesuai dengan tuntutan sosial, dimana mereka berada, tuntutan sosial yang dimaksud adalah anak.nak dapat bersosialisasi dengan baik sesuai dengan tahap perkembangan usia anak(Ayuda jati putri,2013).Tujuan : tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor lingkungan biologis (Jenis kelamin, status gizi dan perawatan kesehatan) yang berhubungan dengan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) khususnya ABA 3,6,7 & 8.Metode : jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain Deskriptif Analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 183 responden dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 124 responden dengan tehnik pengambilan probability sampling jenis proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perawatan kesehatan sebagai instrument. Uji normalitas yang digunakan adalah Kolmogorov-smirnov. Analisis meliputi analisis univariat dan bivariate menggunakan Chi-Square.Hasil : hasil analisis bivariat menggunakan Chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan Antara perawatan kesehatan dengan perkembangan sosial yaitu p value 0,415 > 0,05.Kesimpulan dan Saran : dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perawatan kesehatan dan perkembangan sosial tidak ada hubungan.