Gambaran Kepuasan Pasien di Klinik Islamik Center Samarinda
Abstract
Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pelanggan sehingga meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kepuasan pasien di Klinik Islamic Center Samarinda
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasinya adalah pasien rawat inap di Klinik Islamic Center samarinda sebanyak 64 orang, menggunakan teknik Accidental Sampling dan jumlah sampel adalah 39 orang. Variabelnya adalah kepuasan pasien rawat inap. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa yang digunakan adalah Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepuasan responden terhadap pelayanan adalah puas ada 25 orang (64.1%) dan kurang puas ada 14 orang (35.9%).
Kesimpulan penelitian adalah sebagian besar responden puas terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini disarankan agar Klinik Islamic Center terus meningkatkan mutu kualitas pelayanannya.