Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Samarinda
Abstract
Latar Belakang : Gadget merupakan salah satu kebutuhan yang wajib bagi kalangan masyarakat dari anak usia dini bahkan orang dewasa dan hampir semua masyarakat telah mempunyai Gadget. Penggunaan gadget berdampak merugikan pada keterampilan interpersonal anak jika terlalu sering digunakan. Pengaruh gadget terhadap hasil belajar siswa adalah siswa menjadi lebih mengandalkan gadget dari pada harus belajar.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan intensitas penggunaan Gadget dengan hasil belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negei 5 Samarinda. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Sampel diambil sesuai kriteria inklusi yaitu 129 responden dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariate dengan menggunakan uji Chi square. Hasil : Hasil penelitian pada uji statistic menunjukan tidak adanya hubungan intensitas penggunaan gadget dengan hasil belajar dimana ( p= 0,179; p>0,05). Kesimpulan : Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Gadget dapat mempengaruhi hasil belajar pada siswa dikarenakan kecanduan terhadap fasilitas yang dimiliki oleh Gadget. Hal ini dapat disarankan agar responden dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk istirahat dan membatasi dalam penggunaan Gadget pada saat belajar.