Hubungan antara Fasilitas Internet dengan Minat Belajar Mahasiswa Transfer Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda Tahun 2014
Abstract
Latar Belakang : Proses pendidikan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai salah satunya adalah fasilitas belajar, sebab fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Salah satunya adalah fasilitas internet yang dapat menunjang kegiatan belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara fasilitas internet dengan minat belajar mahasiswa transfer program studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda tahun 2014. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 107 mahasiswa transfer program studi S1 Keperawatan angkatan 2012, 2013, 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini di lakukan di kampus STIKES Muhammadiyah Samarinda. Hasil : Hasil penelitian pada karakteristik responden adalah pada usia sebagian besar berusia 26-35 tahun ada 41 responden (38,3%), jenis kelamin sebagian besar adalah perempuan ada 64 responden (59,8%), status pekerjaan responden sebagian besar adalah honorer ada 54 responden (50,5%) dan tempat bekerja sebagian besar bekerja di rumah sakit ada 56 orang (62,9%).Pada fasilitas internet penggunaan fasilitas internet sebagian besar baik sebanyak 69 orang (64,5%). Pada minat belajar sebagian besar adalah minat tinggi yaitu sebanyak 64 orang (59,8%). Pada analisa Chi Square hasilnya adalah Pvalue = 0,018, yang artinya Ho ditolak yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara fasilitas internet dengan minat belajar. Nilai OR adalah 2.693 yaitu fasilitas internet yang baik mempunyai peluang 2.639 kali untuk memiliki minat belajar yang tinggi dibandingkan dengan responden yang menggunakan fasilitas internet rendah. Kesimpulannya : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa yang menggunakan fasilitas belajar berupa internet dengan baik maka akan menghasilkan minat belajar yang baik pula. Kata Kunci :