Show simple item record

dc.contributor.authorNoor, Mohamad Fitrian
dc.contributor.authorHasyim, Ghozali M.
dc.date.accessioned2020-11-11T08:58:43Z
dc.date.available2020-11-11T08:58:43Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.citationAPJJI, (2013). Internet Indonesia. Available From: http://www.apjii.or.id/v2/upload/Laporan/Profil%20Internet%20Indonesia%202012%20%28INDONESIA%29.pdf. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI). Diakses tanggal 15 Juni 2014. Arif S. Sadiman. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Azwar, Saifuddin. (2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bahri (2010). Strategi Belajar mengajar.Jakarta: Rineka Cipta. Budiman, (2011). Penelitian Kesehatan. Buku Pertama. Bandung: Refika Aditama Deliusno. (2013). Pengguna Internet Dunia Capai 2,4 Miliar. Available From: http:// tekno.kompas.com/ read/2013/05/31/14232198/ pengguna.internet.dunia.capai.24.miliar.indonesia.55.juta. Diakses Tanggal 15 Juni 2014 Dila Farida Nurfajriah. (2013). Hubungan Koneksi Wireless Fidelity (Wifi) Dengan Minat Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. Dimyati, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Efy Afifah. (2007). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai sarana pencarian informasi pembelajaran pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia. Volume 11. No. 2 Available from: http:// journal.ui.ac.id/ index.php/jkepi/ article/view/2372. Diakses tanggl 16 Juni 2014. Hamalik, (2005). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar Bandung :Tarsitu Hidayat (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika ______ (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa, Hurlock. Alfred. M. (2007). Educational Motivation.London: Irwin Press. Kherid, Zaitun, Y.A. (2009). Sumber Belajar Dari Berbagai Macam Sumber. (on line). Available From: http://purwanto.web.id/wp-content/uploads/2009/01/sumber-belajar-dapat-dari-bermacam.pdf diakses 31 Maret 2011. Diakses tanggal 16 Juni 2014 Marketeers, (2014). MarkPlus Insight: Pengguna Internet Indonesia 74 Juta di Tahun 2013. Available from: http://www.the-marketeers.com/archives/Indonesia%20Internet%20Users.html#.U3vjeXbmfIU. Diakses tanggal 15 Juni 2014 Netty Herawaty. (2009). Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Imelda Medan. Program studi D-IV Bidan Pendidik. Fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara Notoatmodjo, (2011). Metodologi Peneltian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Nursalam, (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika Prantiaya (2008). Kontribusi Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rafiudin, Rahmat. (2005). Membangun Sendiri Server Mailing List. Yogyakarta: Andi. Rahmawati Fauza (2009), Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester IV Di Akademi Kebidanan Imelda Medan. Available From: http:// repository.usu.ac.id/ handle/123456789/14255. Diakses Tanggal 15 Juni 2014 Ridwan, (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta : Alfabeta. Rivai, V., Mulyadi, D. (2010). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Riwidikdo,H. (2007). Statistika Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press Riyanto, (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika Sardiman, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Subroto, Suryo. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah Rineka Cipta: Jakarta Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: saqAlfabeta. ________ (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. ________.(2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta Suprihatin. (2009). Studi Tentang Pemanfaatan Internet Pada Pengguna Perpusatakaan Unibersitas Brawijaya Malang. Program Studi Ilmu Perpustakaan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Suryabrata, (2008). Minat dan Motivasi dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. No10.Tahun ke 7Juni 2008. Available from: http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%201121%20Minat % 20 dan %20motivasi%20belajar.pdf. Diakses 10 Juni 2014 Syah (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Syarifudin, B. (2010). Panduan TA Keperawatan Dan Kebidanan Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Grafindo Zainuddin, Zaslina. (2006). Pola Pemanfaatan Internet Oleh Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Dalam Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2, No. 1, Juni 2006.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1711
dc.description.abstractLatar Belakang : Proses pendidikan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai salah satunya adalah fasilitas belajar, sebab fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar. Salah satunya adalah fasilitas internet yang dapat menunjang kegiatan belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara fasilitas internet dengan minat belajar mahasiswa transfer program studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda tahun 2014. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 107 mahasiswa transfer program studi S1 Keperawatan angkatan 2012, 2013, 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini di lakukan di kampus STIKES Muhammadiyah Samarinda. Hasil : Hasil penelitian pada karakteristik responden adalah pada usia sebagian besar berusia 26-35 tahun ada 41 responden (38,3%), jenis kelamin sebagian besar adalah perempuan ada 64 responden (59,8%), status pekerjaan responden sebagian besar adalah honorer ada 54 responden (50,5%) dan tempat bekerja sebagian besar bekerja di rumah sakit ada 56 orang (62,9%).Pada fasilitas internet penggunaan fasilitas internet sebagian besar baik sebanyak 69 orang (64,5%). Pada minat belajar sebagian besar adalah minat tinggi yaitu sebanyak 64 orang (59,8%). Pada analisa Chi Square hasilnya adalah Pvalue = 0,018, yang artinya Ho ditolak yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara fasilitas internet dengan minat belajar. Nilai OR adalah 2.693 yaitu fasilitas internet yang baik mempunyai peluang 2.639 kali untuk memiliki minat belajar yang tinggi dibandingkan dengan responden yang menggunakan fasilitas internet rendah. Kesimpulannya : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa yang menggunakan fasilitas belajar berupa internet dengan baik maka akan menghasilkan minat belajar yang baik pula. Kata Kunci :id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectFasilitas Internetid_ID
dc.subjectMinat Belajarid_ID
dc.subjectMahasiswa Transferid_ID
dc.titleHubungan antara Fasilitas Internet dengan Minat Belajar Mahasiswa Transfer Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda Tahun 2014id_ID
dc.title.alternativeRelationship between Internet Facility and Learning Interest Among Transfer Bachelor of Nursing Students Institute of Health Science Muhammadiyah Samarinda 2014id_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record