dc.contributor.author | Anjarsari, Niken Dwi | |
dc.contributor.author | Herlina, Nunung | |
dc.contributor.author | Sureskiarti, Enok | |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T09:18:52Z | |
dc.date.available | 2020-11-11T09:18:52Z | |
dc.date.issued | 2016-06-23 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1770 | |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Kepuasan merupakan perasaan senang yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara hasil suatu produk dengan harapan. Kepuasan pasien akan terpenuhi bila kinerja petugas kesehatan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Kinerja petugas kesehatan adalah hasil kerja petugas kesehatan yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan untuk melaksanakan tugasnya dengan tanggungjawab yang diberikan agar mencapai hasil yang diharapkan.
Tujuan : Mengetahui adanya hubungan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan ibu yang membawa balita ke Poli KIA di PUSKESMAS Pasundan Samarinda.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dimana penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran atau observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel berjumlah 82 responden. Analisa univariat yaitu mengetahui karakteristik responden, kinerja petugas kesehatan, kepuasan ibu dan analisa bivariat menggunakan uji chi square untuk menganalisa hubungan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan ibu yang membawa balita ke Poli KIA di PUSKESMAS Pasundan Samarinda.
Hasil : Hasil distribusi frekuensi responden terbanyak berdasarkan umur ibu 27 – 33 tahun yaitu sejumlah 37 (45.1%), usia balita 3 tahun sejumlah 26 (31.7%), pendidikan terakhir SMA sejumlah 38 (46.3%), dan responden tidak bekerja sebagai IRT sejumlah 56 (68.3%). Berdasarkan kinerja petugas kesehatan baik sebanyak 52 (63.4%) dan kinerja petugas kesehatan tidak baik sebanyak 30 (36.6%), kemudian berdasarkan kepuasan responden yang menyatakan puas sebanyak 47 (57.3%) dan 35 (42.7%) menyatakan tidak puas. Hasil uji statistik chi square diperoleh p value kinerja dengan kepuasan ibu yaitu 0,030.
Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan ibu yang membawa balita ke Poli KIA di PUSKESMAS Pasundan Samarinda Tahun 2016. | id_ID |
dc.language.iso | id | id_ID |
dc.publisher | Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda | id_ID |
dc.subject | Kinerja Petugas Kesehatan | id_ID |
dc.subject | Kepuasan | id_ID |
dc.subject | Ibu yang Membawa Balita | id_ID |
dc.title | Hubungan antara Kinerja Petugas Kesehatan dengan Kepuasan Ibu yang Membawa Balita Ke Poli KIA di PUSKESMAS Pasundan Samarinda Tahun 2016 | id_ID |
dc.title.alternative | The Relationship between Performance of Health Officer with the Mother Satisfaction Who Brings a Toddlers to Poly KIA in Pasundan Community Health Center Samarinda in 2016 | id_ID |
dc.type | Skripsi | id_ID |