Show simple item record

dc.contributor.authorSandy, Mochamad Shofwan
dc.contributor.authorHidayat, Faried Rahman
dc.contributor.authorSolichin
dc.date.accessioned2020-11-11T09:22:34Z
dc.date.available2020-11-11T09:22:34Z
dc.date.issued2016-06-30
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1779
dc.description.abstractLatar Belakang : Menurut Baharuddin (2008), Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan dan sikap. Dan belajar juga merupakan aktifitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam dirinya melalui pelatihan-pelatihan atau pengalaman-pengalaman. Motivasi dalam belajar mempunyai arti dan manfaat yang sangat penting bagi peserta didik, pendidik, dan sekolah atau institusi pengelola pendidikan. Motivasi dalam belajar berguna dalam pengambilan keputusan/kebijakan atau langkah-langkah strategis yang menyangkut peserta didik, pendidik, maupun sekolah atau institusi pengelola pendidikan (Suryabrata 2008). Kemampuan intelegensi dan asal jurusan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang dalam belajar. Seperti yang kita ketahui di Indonesia saat ini untuk jenjang sekolah menengah atas ada beberapa jurusan yang ada pada jenjang tersebut. seperti IPA, IPS dan Bahasa. Dan juga ada sekolah menengah kejuruan (SMK) yang jenjang pendidikannya sama dengan SMA sederajat. Dan di SMK tersebut ada banyak jurusan seperti keperawatan, farmasi, tehnik, perhotelan, dan lain-lain. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Hubungan Jurusan Saat Sekolah Menengah Atas dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Strata 1 Keperawatan Semester 3 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda Tahun 2016. Metode : Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa, dan pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil Penelitian : Berdasarkan perhitungan menggunakan uji korelasi Person Chi Square, untuk hubungan jurusan saat sekolah menengah atas dengan motivasi belajar mahasiswa strata 1 keperawatan semester 3 sekolah tinggi ilmu kesehatan muhammadiyah samarinda didapatkan hasil nilai P-Value (0,028<0,05). Kesimpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara asal jurusan saat sekolah menengah atas dengan motivasi belajar mahasiswa strata 1 Keperawatan semester 3 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarindaid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.subjectJurusan Saat Sekolah Menengah Atasid_ID
dc.titleHubungan Jurusan Saat Sekolah Menengah Atas dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Strata 1 Keperawatan Semester 3 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda Tahun 2016id_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Major in Senior High School with Learning Motivation of Bachelor in Nursing Students in the Third Semester at Institute of Health Sciences Muhammadiyah Samarinda, 2016id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record