Show simple item record

dc.contributor.authorAnggraeni, Eka Noviani
dc.date.accessioned2020-11-16T00:34:03Z
dc.date.available2020-11-16T00:34:03Z
dc.date.issued2018-02-12
dc.identifier.citationAbqariyah (2016). Hubungan Pengetahuan Tentang Stimulasi Bahasa Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Bandar http://etd.unsyiah.ac.id/ Diakses pada tanggal 29 Januari 2018. Agus Riyanto (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta. Alia An D (2015). Mengenal 5 aspek perkembangan Anak Usia Dini www.parentingclub.co.id/smart-stories/mengenal-5-aspek-perkembangan-anak-usia-dini diakses pada tanggal 29 januari 2018 Anik Handayani (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Verbal Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di Tk Pgri 116 Bangetayu Wetan jurnal http://id.portalgaruda.org/ Diakses Pada Tanggal 12 Juli 2017. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta Arwanti, Ni Made Sri. (2009). Swadarma Ibu Dalam Dalam Keluarga Hindu. Denpasar: Widya Dharma Ayu Thabita, A. W (2012) Peran Ibu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal STIKES. Vol 5 No. 1 http://repository.ipb.ac.id/ diakses pada tanggal 29 januari 2017 Baker, H. &Lopez, H. (2010). Early Chilhood Stimulation Interventions In Developing Countries: A Comprehensive Literature Review. http://ftp.iza.org/dp5282.pdf. Diakses tanggal 5 januari 2018 Dahlan, S. (2014). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Edisi 6 Jakarta: Salemba Medika. Depkes RI (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta Dinkes (2016). Dinas Kesehatan Kota Samarinda.Data Perkembangan Anak Di Samarinda. Emyl (2015). Hubungan Peran Ibu Dalam Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Di Desa Hutabohu, Kecamatan Limboto. Jurnal. http://repository.ipb.ac.id/ diakses pada tanggal 17 Juni 2017 Fida & Maya (2012). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jogjakarta:D-Medika. Fiki Fuaddha (2013). Hubungan Urutan Kelahiran Anak Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Bangunsari Pacitan www.academia.edu/23866107/ diakses pada tanggal 29 januari 2018. Gunarsah (2008) Ebook: Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, Singgi D. Gunarsa & Ny. Y Singgih D. Gunarsa (Editor).Cet. 13. – Jakarta :Gunung Mulia, 2008. https://books.google.co.id/ Diakses Pada Tanggal 21 Mei 2017 Hastono, S. P (2010). Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers. Helmy B. K, dkk (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini Dengan perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Ranoketang Atas. Ejournal keperawatan (e-Kp) Vol. 1 No. 1 http://download.portalgaruda.org/ diakses pada tanggal 10 Agustus 2017. Hidayat. A. A (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Surabaya: Salemba Media. Hidayat A. A (2011). Pengantar Ilmu Keperawatan Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika Ika.C.P (2016). Pola Asuh Orang Tua Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Anak Di Tk Bustanul Athfal Tahun Ajaran 2015-2016. http://eprints.ums.ac.id/ diakses pada tanggal 16 januari 2018. Kay Lambkin, dkk (2007). Mental Health Promotion and Early Intervention in Early Childhood and primary School. Setting: A Review1. Journal Of Student Wellbeing. (Vol 1 No 1). Asutralia: Hunter Institute Of Mental Health. http://www.responseability.org/data/assest/pdf_file/0004/4882/Mentalhealtpromot1on-and-early-intervention-in-early-childhood-and-primary-school-settings-A-Review.pdf . Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 Keyle, Susan (2014) Buku Ajar Keperawatan; Alih Bahasa, Devi Yulianti; Editor Edisi Bahasa Indonesia, Etsu Tiar, Sari Isneini, Barrarah Barid.- Ed. 2.- Jakarta; EGC Lasiyati Yuswo Yani (2013) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Personal Sosial, Motorik Dan Bahasa Anak Prasekolah Di Paud Al-Hidayah http://id.portalgaruda.org/ Diakses Pada Tanggal 12 Juli 2017 Lastriana (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Jurnal http://repository.ipb.ac.id/ Diakses Pada Tanggal 15 Juli 2017 Marisa (2015). Hubungan Pola Asuh Orang tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas 2 Dan 3 Di Sekolah Dasar Negeri 011 Samarinda. Skripsi tidak dipublikasi. Mubarak (2007). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ngastiyah (2008). Keperawatan Anak Sakit. Jakarta: EGC Nisha P (2012). Hubungan Polas Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing Diakses Pada Tanggal 01 Juli 2017 Notoatmojo (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Renika Cipta. Notoatmojo (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Nursalam (2011). Konsep Dan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Nur Latifah Hanum (2012) Pola asuh makan, Perkembangan Bahasa dan Kognitif pada Anak Balita Stunted dan Normal di Kelurahan Sumur Batu Bantar Gebang Bekas. Skripsi http://repository.ipb.ac.id/ Diakses Pada Tanggal 27 Mei 2017 Papalia, Diane E, Etc. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan ,Terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Jilid Dua. Jakarta: Erlangga. Santrok (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan : Sarah Genis B) Jakarta : Erlangga Sari. D. W (2013). Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang Tumbuh Kembang Nalita Usia 2-5 Tahun Di Posyandu Sari Mulyo VI Pringanom Masaran Sragen. KTI. Silvia M. (2016). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-5 Tahun Di Bumi Aji Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. http://digilib.unila.ac.id/. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2017. Soekidjo. (2012). Promosi Kesehatan dan perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta Soetjiningsih (2012) Tumbuh Kembang Anak; Editor, IG.N Gde Ranuh.- Jakarta : EGC. Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung Sujarweni, V.M (2015). Statistik untuk kesehatan. Gava Media. Yogyakarta Suparyanto (2010). Konsep pola asuh anak (http://dr-suparyanto.blogspot.co.id/2010/07/konsep-pola-asuh-anak.html diakses tanggal 15 desember 2017) Suryanto. (2009). Jenis kelamin. (http//.blog.unair.ac.id//02/11/gender-apa-itu/ diakses tanggal 13 desember 2017) Suwartini, Y. (2009). Konsep dasar keperawatan anak. Jakarta EGC. Widati, Tri (2012). Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Melipat Kertas Pada Anak Kelompok B TK ABA Gani Scokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal. http://repository.ipb.ac.id/ Diakses Pada Tanggal 15 Juni 2017 Wirjatmadi B. (2014). Gizi Dan Kesehatan Balita. Cetakan pertama, Kencana Prenada Media Group: Jakarta. Wong [et al] (2008) Buku Ajar Keperawatan Pediatric Wong ; Alih Bahasa, Agus Sutarna, Neti Juniarti, H.Y. Kuncara ; Editor Edisi Bahasa Indonesia, Egi Komara Yudha … [et al.]. –Ed.6- Jakarta ; EGC Yulita (2014). Psychososcial Safety Climate, Emotional Demands, Burnout, And Depression: A Longitudinal Multilevel Study In The Malaysian Private Sector. Jurnal http://repository.ipb.ac.id/ Diakses Pada Tanggal 17 Juni 2017 Yuni Ulia N (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Pra Sekolah Di TK Melati Putih Palaran Bukuan Samarinda. Skripsiid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1829
dc.description.abstractLatar Belakang: Pola asuh orang tua merupakan pola pengasuhan yang berlaku dalam keluarga, interaksi antara orang tua dan anak selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pendidikan dan pengalaman orang tua dalam perawatan anak akan mempengaruhi persiapan mereka menjalankan pengasuhan. Pencapaian bahasa adalah proses yang dinamis dan kompleks. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat pengetahuan orang tua tentang perkembangan bahasa dengan perkembangan bahasa anak balita dipaud wilayah kerja Puskesmas Mangkupalas Samarinda. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik cross sectional dengan jumlah sampel 54 anak balita dan 54 orang tua balita. Penelitian ini menggunakan metode Stratified Random Sampling, peneliti menggunakan lembar DDST, lembar observasi, dan kuisioner pengetahuan dan pola asuh orang tua. Hasil: Hasil penelitian sebagian besar pola asuh orang tua demokratis yaitu 28 responden (51.9%), dan sebagian besar pengetahuan orang tua baik yaitu 23 responden (42.6%) serta perkembangan anak normal yaitu 42 responden (77.8%). Hasil analisa data dengan uji Chi Square didapatkan hasil pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa 0.684 (p value >0.05), sehingga disimpulkan tidak ada hubungan pola asuh orang tua dan perkembangan anak, sedangkan tingkat pengetahuan orang tua dengan perkembangan bahasa 0.919 (p value >0.05) tidak terdapat hubungan. Kesimpulan: tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat pengetahuan orang tua dengan perkembangan balita dipaud wilayah kerja puskmesmas mangkupalas Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPola Asuhid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.subjectPerkembangan Bahasaid_ID
dc.titleHubungan Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Perkembangan Bahasa dengan Perkembangan Bahasa Anak Balita di PAUD Wilayah Kerja PUSKESMAS Mangkupalas Samarinda Tahun 2017id_ID
dc.title.alternativeCorrelation of Parenting Parents and Knowledge Level Parents about Development Language and Development Language of Child in PAUD around works PUSKESMAS Mangkupalas Samarinda Year 2017id_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record