Show simple item record

dc.contributor.authorWinarti, Yuliani
dc.contributor.authorParamastri, Ira
dc.contributor.authorWahab, Abdul
dc.date.accessioned2021-02-15T02:30:16Z
dc.date.available2021-02-15T02:30:16Z
dc.date.issued2016-01
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1863
dc.description.abstractLatar Belakang: Peningkatan kasus HIV/AIDS pada remaja bertambah setiap tahunnya. Penderita HIV/AIDS pada usia 15 - 24 tahun meningkat sebanyak 25%. Pengetahuan pencegahan HIV/AIDS yang belum komprehensif turut mendukung meningkatnya kasus penyakit tersebut pada remaja. Oleh karena itu remaja perlu dibekali dengan pendidikan kesehatan terkait dengan pencegahan penularan HIV/AIDS. Tujuan: Menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer educator terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan penularan HIV/AIDS pada mahasiswa keperawatan di Samarinda. Metode: Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group with pre-test and post-test. Subjek penelitian mahasiswa Stikes Muhammadiyah dan AKPER Yarsi Samarinda sebanyak 130 orang, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Sampel dipilih melalui purposive sampling atas dasar karakteristik responden dengan jumlah 65 orang yang diberi metode peer educator dan 65 orang tidak diberi metode peer educator tetapi dengan pemberian modul HIV/AIDS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap. Analisis data yang digunakan untuk mengukur perbedaan perlakuan pada kelompok perlakuan dan kontrol tersebut digunakan paired t-test, sedangkan untuk membandingkan pengetahuan dan sikap pada ke 2 kelompok diolah menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi p = 0,05. Hasil: Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik p < 0,05 pada kedua kelompok. Rerata perubahan pengetahuan dan sikap kelompok perlakuan yang mendapatkan pendidikan kesehatan melalui metode peer educator lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan pemberian modul yang dibaca secara mandiri. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan melalui metode peer educator mempunyai pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa keperawatan dalam pencegahan penularan HIV/AIDS.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Gadjah Mada Yogyakartaid_ID
dc.subjectPeer Educatorid_ID
dc.subjectPencegahan Penularan HIV/AIDSid_ID
dc.titlePromosi Kesehatan Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Mahasiswa Keperawatan Melalui Peer Educator di Samarindaid_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record