Show simple item record

dc.contributor.authorSaadah, Kholifatus
dc.date.accessioned2021-05-28T03:01:28Z
dc.date.available2021-05-28T03:01:28Z
dc.date.issued2018-05-28
dc.identifier.citationFreeman, R. Edward, Jeffrey Harrison, Andrew Hicks, Bidhan Parmar and Simone de Colle. Stakeholder Theory: The State of Art. Cambridge: Cambrigde University, 2010. Freeman, R. Edward, Jeffrey S. Harrison, and Andrew C. Wicks. Managing for Stakeholders: Survival, Reputation, and Success. New Haven: Yale University Press, 2007. Goffman, Erving. Frame analysis: An essay on the organization of experience. Cambridge, MA, US: Harvard University Press, 1974. Katzestein, Peter J. “Introduction: Alternative Perspectives on National Security”, dalam Peter Katzestein, ed., The Culture of National Security: Norms and Identity in World Politics. New York: Columbia University Press, 1996. Keck, Margaret E. & Kathryn Sikkink. Activist Beyond Border: Advocacy Network in International Politics. Ithaca & London: Cornell University Press, 1998. Lamont, Christoper. Research Method in International Relations. Singapore: Sage, 2015. Lang, Sabine. NGOs, civil society, and the public sphere. New York: Cambridge University Press, 2013. Love, John F. McDonald’s Behind the Arches. New York, Bantam Books: 1994. Manheim, Jarol B. Biz-War and The Out-of-Power Elite: The Progressive-Left Attack on the Corporation. London: Lawrence Elbraum Associates, 2004. Nye, Joseph S. The future of power. New York: Public Affairs, 2011. Silalahi, Ulber. Metodologi Penelitian. Bandung: Unpar Press, 2006. Yanacopulos, Helen. International NGO Engagement, Advocacy, Activism. The Faces and Spaces of Change. New Hampshire: Palgrave Macmillan, 2015.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1916
dc.description.abstractResistensi terhadap antibiotik bukan merupakan hal yang baru di dalam kehidupan-sehari-hari. Ada banyak penyebab resistensi antibiotik, salah satunya adalah tingginya kandungan antibiotik di dalam bahan baku makanan. Penggunaan antibiotik di dalam bahan baku makanan terjadi pada industri restoran cepat saji, terutama di Amerika Serikat, salah satunya adalah McDonald. McDonald merupakan salah satu dari sekian banyak korporasi global yang bergerak di bidang industri restoran cepat saji yang memiliki pengaruh besar di dunia internasional. Sebanyak hampir 37.000 cabang di seluruh dunia dalam 120 negara, dan 14.000 cabang di Amerika Serikat, membuat McDonald memiliki keuntungan dan pengaruh yang cukup besar di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini mendorong Non Govermental Organization (NGO) yang bergerak di bidang keamanan pangan, lingkungan dan keselamatan konsumen dan bergabung di dalam Chain Reaction untuk melakukan protesnya terhadap McDonald sebagai korporasi global. Kondisi ini terjadi karena tingginya kandungan antibiotik yang seharusnya tidak diberikan kepada hewan ternak di dalam produk McDonald, sehingga menimbulkan tingginya kasus resistensi antibiotik di kalangan konsumen McDonald. Sikap Chain Reaction ini ditanggapi oleh McDonald di Amerika Serikat. Namun, seakan belum berhenti, aksi tersebut berlanjut ke level internasional dengan bantuan dari Consumers International. Rangkaian aksi Chain Reaction merupakan bentuk dari framing, sebuah strategi yang dimiliki oleh aktor yang dipandang lebih lemah dari negara dan korporasi global di dalam dinamika hubungan internasional. Penelitian ini membahas bagaimana Chain Reaction sebagai kumpulan dari beberapa NGO melakukan framing terhadap McDonald dan berhasil mendorong korporasi global tersebut mengubah kebijakannya. Lebih lanjut, aktivitas dari Chain Reaction kemudian dibawa ke dalam advokasi level internasional oleh Consumers International melalui strategi Transnational Advocacy Network (TAN) untuk mendorong McDonald mengglobalkan kebijakan bahan baku yang sudah diterapkan di Amerika Serikat. Penulis melihat adanya pola yang berbeda dari TAN ketika berhadapan dengan negara dan korporasi global yang dijelaskan melalui pemahaman dari stakeholder theory.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Airlanggaid_ID
dc.subjectChain Reactionid_ID
dc.subjectConsumers Internationalid_ID
dc.subjectTransnational Advocacy Networkid_ID
dc.subjectMcDonaldid_ID
dc.subjectFramingid_ID
dc.subjectStakeholder Theoryid_ID
dc.titlePower Aktor Non-Negara vis a vis Korporasi Global: Pengaruh Chain Reaction dan Consumers International dalam Menekan McDonaldid_ID
dc.typeThesisid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record