Show simple item record

dc.contributor.authorOvila Dewi, Fitri
dc.contributor.authorWiwin A, Ni Wayan
dc.date.accessioned2022-03-24T01:27:59Z
dc.date.available2022-03-24T01:27:59Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.citationAfroh F, Judha M, Sudiarti. (2015) Teori pengukuran Nyeri , Nuha Medika; Yogyakarta Ana Farida Ulfa & Siti Urifah. (2017) Penurunan Respon Maladaptif Pada Anak Pra Sekolah Menggunakan Story Telling Book : Seri Pemasangan Infus Di Rsud Kabupaten Jombang Vol.3 No.1 Juni 2017 Andarmoyo, S. (2013) Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri. Yogyakarta Asfandiyar Yudha, A. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Bandung: PT. Mizan Pustaka Apriany D. (2013). Hubungan Antara Hospitalisasi Anak Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8(2): 92-104. Dyah Ayu Intan Permata Dewi. (2018) Pengaruh Terapi Bermain Plastisin Terhadap Penu/Runan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun). Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendikia Medika Jombang. Endang Zulaicha Susilaningsih, Kartika Dian Listyaningsih. (2019). Managemen Nyeri Pada Anak Prasekolah Saat Tindakan Invasif Dengan Distraksi Storytelling. Jurnal Ilmiah Keperawatan, Vol. 7 No. 2, Juli 2019 Fradianto I. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Lilin Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rsud Dr. Soedarso Pontianak. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura Pontianak. Haryadi. 2015. Karakteristik Masa Anak Usia Pra Sekolah. Https://Ayumaghfurroh.Idscribd.Com Diakses 28 Juni 2020 Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Selemba Medika Hockenberry, M. J. And Wilson, D. (2011) Wong’s Essentials Of Pediatric Nursing. 8th Edn. St. Louis Missouri.: Elsevier Mosby. Iis Pusparina, Insana Maria, And Raihana Norfitri. (2020) The Effectiveness Of Religious Music And Digital Storytelling On The Level Of Cooperativeness And Pain In Children During Invasive Treatment (Children’s Room, Zalecha Local Hospital, Martapura) Jurnal Ners Vol. 15, No. 2, Special Issue 2020 James, J. Ghai, S. Sharma, N. (2012). Effectiveness Of"Animated Cartoons" As A Distraction Strategy On Behavioural Response To Anxiety And Pain Perception Among Children Undergoing Venipuncture. Nursing And Midwifery Research Journal, 8 (3): 198-209. Katende, G. And Mugabi, B. (2015) ‘Comforting Strategies And Perceived Barriers To Pediatric Pain Management During Iv Line Insertion Procedure In Uganda ’ S National Referral Hospital : A Descriptive Study’, Bmc Pediatrics. Bmc Pediatrics, Pp. 1–8. Doi: 10.1186/S12887-015-0438-0. Kennedy, R. M., Luhmann, J. and Zempsky, W. T. (2008) ‘Clinical Implications of Unmanaged Needle-Insertion Pain and Distress in Children’, PEDIATRIC, 122(Supplement 3), pp. 5130–5133. doi: 10.1542/peds.20081055e. Kusbiantoro, D. (2015). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Sekolah Di Tk Aba 1 Lamongan. Jurnal Surya, 7(01) 1-8 Lata Kanchan, Sharma Mukesh Chandra & Sareen Aarti., (2015) A Randomized Clinical Trial To Evaluate The Effectiveness Of Storytelling By Researcher On The Hospitalization Anxiety Of Children Admitted In Pediatric Ward Of Selected Hospitals Of District Patiala, Punjab. International Journal Of Science And Research (Ijsr) Issn (Online): 2319-7064 Index Copernicus Volume 4 Issue 10, October 2015 Lina Dewi Anggraeni & Widiyanti (2019), Distraction Techniques: Telling Stories To Decrease Pain For Preschool Children During Infusion, Jurnal Keperawatan Indonesia, 2019, Doi: 10.7454/Jki.V22i1.887 Pissn 1410-4490; Eissn 2354-9203 Nidaa, Diilah, A. And Somantri, I. (2016) ‘Efektifitas Terapi Mendongeng Terhadap Kecemasan Anak Usia Toddler Dan Prasekolah Saat Tindakan Keperawatan’, Jkp. -Volume 4 Nomor 3 Nursalam. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta : Salemba Medika. Parker, T.S., & Wampler, K.S. (2010). Changing Emotion: The Use Of Therapeutic Storytelling. Journal Of Marital And Family Therapy, 32: 155–166. Padila, Agusramon & Yera. (2019) Terapi Story Telling Dan Menonton Animasi Kartun Terhadap Ansietas Journal Of Telenursing (Joting) Volume 1, Nomor 1, Juni 2019 E-Issn : 2684-8988 P-Issn : 2684-8996 Pawiliyah & Liza Marlenis (2019) Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng Dengan Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari Volume 3, Nomor 1, Desember 2019 E-Issn :2581-1975 P-Issn :2597-7482 Pratiwi Ys. (2012). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Rawat Inap Dengan Permainan Hospital Story Di Rsud Kraton Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan; (Online), (Http://Journal.Stikesmuhpkj.Ac.Id, Diakses 28 Juni 2020 Reni Ilmiasih. (2012). Pengaruh Seragam Perawat : Rompi Bergambar Terhadap Kecemasan Anak Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Tesis Ilmu Keperawatan Program Megister Depok. Universitas Indonesia Santoso, Trisno, Tatik H Dan Nanik P. (2009). Mendidik Tanpa Menggurui Melalui Dongeng Anak. Jurnal Pedalangan, 7 (2): 214-227 Saputro, H & Intan. F, 2017. Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi Dengan Penerapan Terapi Bermain., Skripsi, Prodi S1 Keperawatan Stikes Surya Mitra Husada., Kediri Sarfika, R., Yanti, N. and Winda, R. (2015) ‘Pengaruh Teknik Distraksi Menonton Kartun Animasi Terhadap Skala Nyeri Anak Usia Prasekolah Saat Pemasangan Infus Di Instalasi Rawat Inap Anak RSUP DR. M. Djamil Padang.’, Jurnal Ners Keperawatan. Available at: http://unandalas.ac.id. Seyedeh Mina Shafiee, Sahar Susani Gharibvand & Akram Hemmatipour. (2018) The Effectiveness Of Storytelling On Separation Anxiety In Hospitalized Children With Chronic Diseases. Journal Of Research In Medical And Dental Science 2018, Volume 6, Issue 5, Page No: 284-290 Shafiee, S. M., Gharibvand, S. S. And Hemmatipour, A. (2018) ‘The Effectiveness Of Storytelling On Separation Anxiety In Hospitalized Children With Chronic Diseases’, Journal Of Research In Medical And Dental Science, 6(5), Pp. 284–290. Available At: Www.Jrmds.In. Siregar, Sofiyan. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta; Kencana Soetjiningsih. (2015). Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Egc Stuart & Sundeen. (2008). Buku Saku Keperawatan Jiwa.Jakarta : Egc Supartini, Y. (2012). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta:Egc Supartini, Y. (2004). Editor : Monica Ester. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Egc : Jakarta. Tomey, A. M. And Alligood, M. R. (2010) Nursing Theorists And Their Work. 7th Edn. Mosby: Elsivier Ulfa, A. F. And Urifah, S. (2017) ‘Penurunan Respon Maladaptif Pada Anak Pra Sekolah Menggunakan Story Telling Book : Seri Pemasangan Infus Di Rsud Kabupaten Jombang’, Adi Husada Nursing Jurnal, 3(1), Pp. 1–6. Available At: Http://Ejournal.Stikeskepanjen-Pemkabmalang.Ac.Id Zohreh Sekhavatpour dkk. (2019). The Effect Of Storytelling On Anxiety And Behavioral Disorders In Children Undergoing Surgery: A Randomized Controlled Trial. Pediatric Health, Medicine And Therapeutics 2019:10 61–68id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2205
dc.description.abstractTerapi Story Telling merupakan salah satu teknik bermain terapeutik yang bercerita atau mendongeng dalam menyampaikan isi perasaan, buah pikiran atau sebuah cerita kepada anak-anak melalui lisan. Melalui bercerita anak akan melepaskan ketakutan, kecemasan, rasa nyeri, dan mengekspresikan kemarahan. Bercerita merupakan cara yang paling baik untuk mengalihkan rasa nyeri dan kecemasan pada anak. Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi story telling terhadap nyeri dan kecemasan pada anak pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literature review dengan databased melalui Google Scholar, Research Gate dan Pubmed dengan intervensi yang digunakan adalah terapi story telling terhadap penurunan nyeri dan kecemasan. Berdasarkan hasil analisis literature review dari 10 jurnal terkait didapatkan hasil bahwa story telling dapat efektif untuk menurunkan nyeri dan kecemasan pada anak usia pra sekolah.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectStory Tellingid_ID
dc.subjectNyeriid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectPrasekolahid_ID
dc.titlePengaruh Terapi Story Telling Terhadap Penurunan Nyeri dan Kecemasan pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) : Literature Reviewid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Story Telling Therapy Toward Pain and Anxiety Reductions on Preschool Children in Pediatric Intensive Care Unit (PICU): Literature Reviewid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record