Pengaruh Live Modeling terhadap Perilaku Aktivitas Fisik pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 003 Sangasanga
Date
2021-06-23Author
Pradini, Annisa Oktavia
Safrudin, Muhammad Bachtiar
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang : Kebutuhan fisik seperti bermain dan melakukan aktivitas fisik dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan. Masalah kesehatan pada anak sekolah dasar yang tidak melakukan aktivitas fisik penyebab kematian. Perilaku dalam melakukan aktivitas fisik baik atau buruk terjadi pada anak sangat bergantung pada orang tua, pendidikan dan orang di sekitar rumah dalam memberi contoh dan memberikan simulasi baik patut ditiru anak. Kecenderungan anak-anak suka mencontoh model dewasa dibandingkan model anak-anak. Penerapan live modeling diharapkan mampu merubah perilaku anak dalam melakukan aktivitas fisik dengan baik.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live modelling terhadap Perilaku aktivitas fisik pada siswa di SDN 003 Sangasanga.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre esperiment without control. Populasi pada penelitian ini berjumlah 57 siswa. Teknik pengambilan purposive sampling sebanyak 11 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas fisik. Analisis statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon.
Hasil : Ada pengaruh pemberian live modelling terhadap Perilaku aktivitas fisik pada siswa di SDN 003 Sangasanga. Hasil uji statistik menunjukan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok intervensi < 0,05
Kesimpulan : Hasil dari intervensi ini ada peningkatan sebelum 7,6 naik menjadi 13,18 peningkatan aktivitas fisik.