Hubungan Tingkat Pendidikan Guru UKS dengan Hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Muser
Abstract
Tujuan Studi : Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan guru UKS dengan hasil inspeksi kesehatan lingkungan sekolah diwilayah kerja puskemas muser. Metodologi :Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif- cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah semua guru UKS di 12 sekolah wilayah kerja puskesmas muser,data diambil dengan teknik Total Sampling. Analisis data dilakukan dengan melalui uji Chi-Square dengan nilai signifikan α = 0,05. Hasil : Didapatkan hasil analisis data menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p=1.000 (>0,05) artinya tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan Guru UKS dengan hasil inspeksi kesehatan lingkungan sekolah di wilayah kerja puskesmas muser. Manfaat :Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan kesehatan, dan dapat sebagai refrensi bagi penelitian selanjutnya.