Show simple item record

dc.contributor.authorNur Fitri, Nadya
dc.contributor.authorAmalia, Nida
dc.date.accessioned2022-04-07T03:28:06Z
dc.date.available2022-04-07T03:28:06Z
dc.date.issued2021-07-09
dc.identifier.citationAbdulah, D. M. and Musa, D. H. (2020) ‘Insomnia and stress of physicians during COVID-19 outbreak’, Sleep Medicine: X. Elsevier Ltd, 2, p. 100017. doi: 10.1016/j.sleepx.2020.100017. Alkhawaja, et al (2020) ‘The anxiety and stress of the public during the spread of novel coronavirus (COVID‐19).’, Journal of Pharmaceutical Research International, 32((7)), pp. 54–59. Available at: https://doi.org/10.9734/jpri/2020/v32i730460. Barseli, M., & Ifdil, I. (2017) ‘Konsep Stres Akademik Siswa.’, Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5,((03)), pp. 143–148. Benca, R. M. (2005) ‘Diagnosis and treatment of chronic insomnia: a review.’, Psy-chiatric Services. Benham, G. (2020) ‘Stress and sleep in college students prior to and during the COVID-19 pandemic’, Stress and Health, (December), pp. 1–12. doi: 10.1002/smi.3016. Coon, D. & M. J. O. (2013) Introduction to psychology: Gateways to Mind and Behavior,. 13th edn. USA: Wadsworth. Covid-19., G. (2020) Gugus Tugas Covid-19., Gugus Covid-19. Elkholy, H. et al. (2020) ‘Mental health of frontline healthcare workers exposed to COVID-19 in Egypt: A call for action’, International Journal of Social Psychiatry. doi: 10.1177/0020764020960192. Eryanti, F. (2012) ‘Perbedaan Stres Akademik antara kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 medan.’, Jurnal USU, 7((06):), pp. 145-162. Fadzlul Rahman Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, F. et al. (2020) ‘Sleep Disorder and its Psychological Impact on Retired Elders: A Systematic Review’, International Journal of Early Childhood Special Education, 29(5), pp. 2002–2015. doi: 10.24205/03276716.2020.1195. Fahmi, F. (2011) ‘Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Prodi Psikologi UNIKA Soegijapranata).’ Febriyanto, K. and Suprayitno, S. (2020) ‘Implementation of Occupational Safety and Health for Using Sea Transportation (Case Study At Tengkayu Ii Port of Tarakan City)’, Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), pp. 97–102. doi: 10.30650/jik.v7i2.1282. Fernando, R. et al. (2020) ‘Hubungan Lama Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Tahun 2020’, Jurnal Ners, 4(2), pp. 83–89. Available at: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/. Green, L. W. (1980) Health Education Planning, A Diagnostic Approach,. 1st Ed,. California: Mayfield Publishing Company. Gunawati, R., D. (2010) ‘Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing utama skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.’, Jurnal Psikologi Undip, 3((2),), pp. 93-115. Hadiati. (2017) ‘Hubungan antara tingkat stres dengan tingkat insomnia mahasiswa/ i angkatan 2012/2013 program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas diponegoro’, Jurnal kedokteran diponegoro, 6(22). Harahap, A. C. P., Harahap, D. P. and Harahap, S. R. (2020) ‘Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19’, Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), pp. 10–14. doi: 10.30596/bibliocouns.v3i1.4804. Hardjana. (1994) Stres tanpa distres:Seni mengolah stres. Yogyakarta: Kanisius. Hartaji, D. A. (2012) ‘Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua.’, Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Hernawati, N. (2006) ‘Tingkat stres dan strategi koping menghadapi stres pada mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama tahun akademik 2005/2006.’, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 11((2),), pp. 43–49. Herri Zan Pieter, D. (2011) Pengantar Psikopatologi Untuk Keperawatan,. Edisi 1. Jakarta: Kencana,. Hidayat, A. A. A. (2006) Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia., Salemba Medika. Jakarta: Inayatillah, V. (2015) ‘Hubungan antara adversity quotient dengan kecenderungan stres dalam menyelesaikan tugas akhir (penulisan skripsi) pada mahasiswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).’ Iwan (2009) Skala Insomnia (KSPBJ Insomnia Rating Scale). Available at: http://www.sleepnet.com. Japardi I. (2002) ‘Gangguan Tidur.’, Library. Available at: usu.ac.id. Kemdikbud (2016) KBBI Daring, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mahasiswa. Khairul Hakimin, D. (2017) ‘Hubungan Antara Perokok Aktif Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Mahasiswa’, Nursing News, 2((2)), p. 360. King, L. A. (2012) Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika. Liu, Y., & Lu, Z. (2011) ‘Liu, Y., & Lu, Z. (2011). The Chinese high school student’s stress in the school and academic achievement. Educational Psychology’, Educational Psychology: An International Journal of Experimental Educational Psychology, 31((1),), pp. 27–35. McCall, W. V. et al. (2021) ‘Short-term insomnia disorder in health care workers in an academic medical center before and during COVID-19: Rates and predictive factors’, Journal of Clinical Sleep Medicine, 17(4), pp. 749–755. doi: 10.5664/JCSM.9034. Morin C.M, E. C. . (2004) Insomnia: A clinical guide to assessment and treatment. New York: Plenum Publishers. Notoatmodjo (2010) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam. (2014) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Nursalam, E. F. (2008) Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Oon, A. N. (2007) ‘Handling Study Stress.’, Jakarta:Alex Media Komputindo. Qimy A. (2009) ‘Gangguan Pola Tidur’. RI., K. K. (2020) ‘Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)’, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Robotham, D. (2008) ‘Stres among higher education students: towards a research agenda.’, Springer Science+Business Media B., volume 57. Rosyidah, I. et al. (2020) ‘Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas’, Jurnal Abdi, 2(1), pp. 33–39. Sagita, D. (2017) ‘Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa.’, Jurnal Bikotetik, 1((02):), pp. 37–72. Saswati, N. and Maulani (2020) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasisw Prodi Keperawatan’, Malahayati Nursing Journal, 2(2), pp. 336–343. Available at: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/manuju/article/view/2456. Sateia M.J, D. . B. (2010) Insomnia: Diagnosis and Treatment. United Kingdom: Informa Healthcare. Simbolon, I. (2015) ‘Reaksi stres akademis mahasiswa keperawatan dengan sistem belajar blok di fakultas keperawatan x bandung.’, Jurnal Skolastik Keperawatan, 1((1).). Siregar, H. S., et al (2020) ‘Merekonstruksi alam dalam kajian sains dan agama: Studi kasus pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak Covid-19.’, Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020) ‘Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa.’, Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6((2),), pp. 91–95. Siswoyo, D. (2007) Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers. Suastari. (2018) ‘Karakteristik media sosial dalam membentuk budaya populer korean pop di kalangan komunitas samarinda dan balikpapan.’, eJournal Ilmu Komunikasi, 2,((3)). Sugiyono. (2016) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sun, et al (2011) ‘Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and relia_bility with Chinese students’, Journal of Psychoeducational Assessment, 29((6).). Suwartika, D. (2014) ‘Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.’, Jurnal Keperawatan Soedirman 9., (3):, pp. 173–189. Wang, C., & Zhao, H. (2019) ‘The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students.’, Frontiers inPsychology, 11. Warja, I. K., Afni, N. and Yani, A. (2019) ‘Hubungan Stres Dan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Reguler Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unismuh Palu’, Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), pp. 410–417. WHO. (2020) Coronavirus, WHO (World Health Organization). Available at: https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_3. WHO (2020) WHO characterizes COVID-19 as a pandemic., World Health Organization. Available at: https://www.who.int/emergencies/diseases/ novel-coronavirus-2019/events-as-they-happen (Accessed: 11 March 2020). Wulandari, F., Hadiati, T. and Sarjana, W. (2017) ‘Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Tingkat Insomnia Mahasiswa/I Angkatan 2012/2013 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro’, Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), pp. 549–557. Yoga P. D. Kountul, D. (2018) ‘FaktorFaktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.’, Jurnal KESMAS. Zhou, S. et al. (2020) ‘Sleep problems among Chinese adolescents and young adults during the coronavirus-2019 pandemic’, (January).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2301
dc.description.abstractLatar Belakang : Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kehidupan masyarakat. Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kondisi psikologis pribadi dan sosial akan terpengaruh. Efek psikologis yang dirasakan oleh epidemi dan masyarakat adalah gangguan stres pasca trauma, kebingungan, kecemasan, depresi, ketakutan perasaan, insomnia, dan perasaan tidak berdaya. Untuk memprediksi penyebaran virus, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan jarak sosial dan fisik. Tujuan Penelitian: Menjelaskan Hubungan Stres akademik terhadap insomnia dimasa pandemic COVID-19. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 8 di beberapa universitas yang ada di wilayah samarinda yaitu UMKT (Univeritas Muhammadiyah Kalimantan Timur), UNMUL (Universitas Mulawarman), dan UWGM (Univeritas Widyagama) dengan sampel sebanyak 187 Mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner google form. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil: Berdasarkan dari hasil statistik yang dilakukan menggunakan uji chi square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,00 < (p 0.05) H0 ditolak artinya terdapat hubungan antara stres akademik terhadap insomnia dimasa pandemi covid-19 pada mahasiswa. Manfaat : Penelitian ini menjelaskan Hubungan Stres Akademik Terhadap Insomnia Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswaid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectstres akademikid_ID
dc.subjectInsomniaid_ID
dc.subjectcovid-19id_ID
dc.titleHubungan Stres Akademik terhadap Insomnia Dimasa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswaid_ID
dc.title.alternativeCorrelation Academic Stress Toward Insomnia During the COVID-19 Pandemic in College Studentsid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record