Show simple item record

dc.contributor.authorPramesti, Pramesti
dc.contributor.authorAmalia, Nida
dc.date.accessioned2022-04-12T05:29:10Z
dc.date.available2022-04-12T05:29:10Z
dc.date.issued2021-07-14
dc.identifier.citationAiyer, A., Surani, S., Gill, Y., Iyer, R., & Surani, Z. (2020). Mental Health Impact of Covid-19 on Students in the USA : A Cross- Sectional Web-Based Survey. 1–9. https://doi.org/10.35248/2167-1044.20.9.375 Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47 Atziza, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran Factors Influence Stress Incidence in Medical School. J Agromed Unila, 2(3), 317–320. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1367 Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134 Banna, M. H. Al, Sayeed, A., Kundu, S., Christopher, E., Hasan, M. T., Begum, M. R., Kormoker, T., Dola, S. T. I., Hassan, M. M., Chowdhury, S., & Khan, M. S. I. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on the mental health of the adult population in Bangladesh: a nationwide cross-sectional study. International Journal of Environmental Health Research, 00(00), 1–12. https://doi.org/10.1080/09603123.2020.1802409 Diah Handayani. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respiro;Ogi Indonesia, 40(2). Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20 Dika Christyanti, D. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas hang tuah surabaya. Volume 12. Dinkes Provinsi Kalimantan Timur. (2021). Distribusi Kasus Covid-19 Per Kab/Kota Pada Kelompok Usia Remaja 10-24 Tahun Berdasarkan Data NAR Hingga 5 Mei 2021. https://dinkes.kaltimprov.go.id/ Dyla, D. F. N., Afni, A., & Rahmi, A. R. (2020). PSYCHOLOGICAL WELL BEING MAHASISWA DALAM MENJALANI KULIAH DARING UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA (Studi terhadap …. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan …, 15–22. https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/1510 Fadhillah, E. P. A. (2016). HUBUNGANANTARAPSYCHOLOGICAL WELL-BEING DANHAPPINESSPADA REMAJA DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Ilmiah Psikologi, i Volume 9. file:///C:/Users/Asus/Downloads/1545-3552-1-SM (1).pdf Fan, Y., Zhao, K., Shi, Z. L., & Zhou, P. (2019). Bat coronaviruses in China. Viruses, 11(3), 27–32. https://doi.org/10.3390/v11030210 Ferry Fadzlul Rahman, D. (2020). The psychological well-being of newly-arrived indonesian students in taiwan. Journal of International Students, 10(Special Issue 3), 44–57. https://doi.org/10.32674/JIS.V10IS(2).2713 Fitriani, N. I. (2020). TINJAUAN PUSTAKA COVID-19: VIROLOGI, PATOGENESIS, DAN MANIFESTASI KLINIS. Jurnal Medika Malahayati, 4(3). Hardjo, S., Aisyah, S., & Mayasari, S. I. (2020). Bagaimana Psychological well being Pada Remaja ? Sebuah Analisis Berkaitan Dengan Faktor Meaning In Life. Jurnal Diversita, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.2894 Hartato, I., Basaria, D., & Patmodewo, S. (2018). Terapi Well-Being Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Sosial Bina Remaja X. Psibernetika, 10(1), 20–29. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i1.1038 Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941 Jannah, R. J., Jatimi, A., Azizah, M. J., Munir, Z., & Rahman, H. F. (2020). Kecemasan Pasien COVID-19: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(2), 33–37. Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958 Kartika Sari, M. (2020). Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat 19 and Online Lecturer At Karya Husada Health Institute. 31–35. https://media.neliti.com/media/publications/327964-tingkat-stres-mahasiswa-s1-keperawatan-t-251bf6e6.pdf Kemenkes Ri. (2020). pedoman pencegahan dan pengendalian corona virus disease (covid-19). Maret. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1.pdf Kemenkes RI. (2017). Infodatin Reproduksi Remaja-Ed.pdf. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja, p. 1. Kemenkes RI. (2020). pedoman pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 18 April 2020. Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. https://kesga.kemkes.go.id/ Keyes, C. L. M. (2013). Mental Well-Being International Contributions to the Study of Positive Mental Health. Atlanta: Springer. Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Livana PH, D. (2020). “TUGAS PEMBELAJARAN” PENYEBAB STRES MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19C. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, Volume 3 N, Hal 203-208. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1733002&val=14616&title=LEARNING TASK ATTRIBUTABLE TO STUDENTS%27 STRESS DURING THE PANDEMIC COVID-19 Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Prabowo, A. (2017). Gratitude dan Psychological Well Being Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 05(02). Puspitaningsih, D. (2015). Stres Mahasiswa Saat Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Poltekkes Majapahit Majapahit Mojokerto. Hospital Majapahit, 7(1), 19–29. Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069 Sa’diyah, K., & Amiruddin. (2020). Pentingnya Psychological Well Being di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kariman, 8(02), 221–232. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.149 Salam, A., R., M., A.A., R., N., A., A.A.A., H., & C.P., S. (2015). Stress among First and Third Year Medical Students at University Kebangsaan Malaysia. Pakistan Journal of Medical Sciences, 31(1), 169–173. http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L601048107%5Cnhttp://dx.doi.org/10.12669/pjms.311.6473%5Cnhttp://resolver.ebscohost.com/openurl?custid=s3733374&authtype=ip&&sid=EMBASE&issn=1682024X&id=doi:10.12669%2Fpjms.311.6473& Sekar, S., Ananda, D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19. 7(2), 248–256. Suaibatul Aslamiyah & Nurhayati. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Perubahan Psikologis, Sosial dan Ekonomi Pasien Covid-19 di Kelurahan Dendang, Langkat, Sumatera Utara. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415 Tuffour, I. (2017). A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications, 02(04), 1–5. https://doi.org/10.4172/2472-1654.100093 Turna, J., Zhang, J., Lamberti, N., Patterson, B., Simpson, W., Francisco, A. P., Bergmann, C. G., & Ameringen, M. Van. (2021). Anxiety, depression and stress during the COVID-19 pandemic: Results from a cross-sectional survey. Journal of Psychiatric Research, 137(September 2020), 96–103. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2021.02.059 Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695 Wen Lu, D. (2020). Psycholigcal status od medical workforce during the COVID-19 pandemic: A cross sectional study. Psychiatry Resaerch, January. Wenjun, C., Ziwei, F., Guoqiang, H., Mei, H., Xinrong, X., Jiaxin, D., & Jianzhong, Z. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287(March 20, 2020), 1–5. http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L2005406993%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934 WHO. (2019). Mental Health During Covid-19 Pandemic. (Diakses Pada 17 Juni 2020). WHO. (2021). world health organization. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2324
dc.description.abstractTujuan studi: Menggali lebih dalam mengenai persepsi psychological well being tentang stres pada remaja dimasa pandemi covid-19. Metodologi: Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui secara mendalam mengenai pengalaman yang diteliti sesuai kondisi keadaan. Penentuan sampel dipilih sesuai kriteria penelitian melalui metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) dan Observasi Non Pertisipan (Observasi Tidak Langsung). Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif meliputi pengumpulan data,reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil: Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu persepsi remaja dalam mengurangi stres dimasa pandemi covid-19 dengan menggunakan dimensi-dimensi yang ada pada psychological well being. Manfaat: Hasil dari penelitian ini dapat menjadikan sebuah masukan, serta dapat menjadikan sebuahinformasi kepada remaja mengenai penanganan dalam mengurangi stres selama terkonfrimasi positif covid-19 dengan menggunakan dimensi-dimensi yang ada didalam kesejahteraan psikologis (psychological well being) .id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPsychological Well Beingid_ID
dc.subjectStresid_ID
dc.subjectCOVID-19id_ID
dc.titlePersepsi Psychological Well Being tentang Stres pada Remaja Dimasa Pandemi COVID-19id_ID
dc.title.alternativePsychological Well-Being Perceptions About Stress in Adolescents During the COVID-19 Pandemicid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record