Hubungan Komunikasi Orang Tua dan Remaja dengan Motivasi Belajar dengan Systematic Review
Date
2020-06-25Author
Prastika, Niluh Krismayanti
Safrudin, Muhammad Bachtiar
Metadata
Show full item recordAbstract
Tahapan fase remaja merupakan bagian penting dalam tahap kehidupan dalam perkembangan individu. Tahapan remaja akan terjadi periode disebut masa dengan tujuan akhir menjadi pribadi dewasa yang sehat. Sehingga peran orang tua sangat penting untuk perkembangan remaja. Dukungan yang di berikan orang tua kepada anaknya harus dilakukan secara berkesinambungan. Keterlibatan orang tua dalam proses pengasuhan salah satunya adalah aspek komunikasi yang harus dijaga dengan baik sehingga hubungan anak dan orang tua terjaga dengan baik. Hubungan yang baik akan meningkatkan tugas dan perkembangan remaja salah satunya dalam hal belajar, sehingga anak menjadi termotivasi untuk belajar dengan baik. Adanya penelitian ini guna melihat hubungan komunikasi orang tua dan anak dengan motivasi belajar. Metode penelitian dengan mengacu pada research procces, quality assessment, inklusi dan eksklusi kriteria, dan search process. Penelitian ini menggunakan populasi data berupa daftar jurnal/artikel penelitian dalam kurun tahun 2010-2020 sebanyak 10 jurnal menggunakan metode kuantitatif non eksperimen. Dari analisa 10 jurnal dimana 9 jurnal (90%) menunjukkan korelasi/hubungan antara variabel X (Komunikasi) dan variabel Y (motivasi belajar).