Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Agency Cost Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social
Responsibility dan pertumbuhan perusahaan terhadap agency cost pada perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Sumber data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 - 2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan negatif terhadap agency cost dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap ageny cost. Lalu Corporate Social Responsibility dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap agency cost.