Pengaruh Edukasi Metode Audiovisual dengan Tingkat Pengetahuan Siswi Penanganan Dismenore di SMP Negeri 6 Loa Kulu pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Latar belakang: Menarche merupakan awal menstruasi pertama bagi perempuan, lazimnya menarche ini disertai dengan kram, nyeri dan ketidaknyamanan atau juga dikenal dengan dismenore. Kebanyakan perempuan merasakan berbagai tingkat kram yang berbeda. Pada beberapa perempuan, hal ini akan muncul rasa ketidak nyamanan, sedangkan yang lain menderita rasa sakit yang sangat mengganggu hingga bisa menghentikan aktivitas sehari–hari. Dismenore (Nyeri menstruasi) ialah keluhan ginekologis penyebabnya oleh ketidakseimbangan hormone progesteron di dalam darah hingga berakibatkan timbulnya rasa nyeri, dan umum terjadi kepada perempuan. Tujuan studi: Untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian edukasi metode audiovisual dengan tingkat pengetahuan siswi tentang penanganan disminore di SMP Negeri 6 Loa Kulu pada Masa Pandemi Covid-19. Metodologi: Rancangan penelitian ialah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pre-posttest. Sampel dalam penelitian 65 sempel responden. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan goggle from yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan program SPSS.
Hasil: Hasil uji statistic Wilcoxon dengan nilai 0,000 <0,05, sehingga Ha diterima atau adanya pengaruh pemberian edukasi dismenore terhadap tingkat pengetahuan siswi di SMP Negeri 6 Loa Kulu.
Manfaat: Diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi serta pengetahuan mengenai penanganan dismenore saat menstruasi.