Pengaruh Edukasi Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi di SMP Negeri 6 Loakulu Masa Pandemi
Abstract
Latar belakang: Personal.hygiene suatu perawatan.diri yang dilakukan.untuk menjaga kesehatan secara fisik dan psikis. Apabila seseorang tidak dapat melakukan perawatan seorang diri maka dinyatakan keperawatan dirinya terganggu. Tujuan studi: Mengetahui Pengaruh Pemberian Edukasi Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi pada Siswi SMP Negeri 6 Loakulu pada Masa Pandemi Covid-19. Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode Pre-eksperimental dengan desain one group pre-posttest. Jumlah sampel yaitu 65 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampel. Instrumen di penelitian ini yaitu kuesioner dan video edukasi serta analisis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dengan program SPSS. Hasil: Hasil dari uji statistic Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh dalam pemberian edukasi metode audiovisual terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Negeri 6 Loakulu didapatkan (p=0,001) Manfaat: Menambah wawasan dan infromasi tambahan bagi siswi dibidang pengetahuan serta perilaku tentang personal hygiene pada masa menstruasi.