Show simple item record

dc.contributor.authorRia Ananda, Tasya
dc.date.accessioned2022-11-30T08:01:36Z
dc.date.available2022-11-30T08:01:36Z
dc.date.issued2022-06-30
dc.identifier.citationAfifah, Siti. 2019. “Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern Di Samarinda.” Psikoborneo 7(4):528. Ahli, Redaksi, Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Nia Tresniasari, Puti Febrayosi, Dedy Supriyadi, M. Alfi Maftuh, and Alamat Redaksi. 2018. “Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Big Five Inventory (BFI) Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA).” Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia 4(3). doi: 10.15408/jp3i.v4i3.9296. Aisyah, Siti, Andi Parellangi, and Tini. 2019. “Hubungan Status Depresi Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMK Negeri 2 Samarinda.” Nursing Journal 72(1):189–93. Anon. 2020. “Hubungan Pikiran Otomatis Negatif Dengan Depresi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan.” 1(3):1352–58. Azzahro, Eqia Arum, and Jayanti Dian Eka Sari. 2021. “FAKTOR PSIKOSOSIAL DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA REMAJA (Studi Pada Siswa Kelas 12 SMA XY Jember).” Journal of Community Mental Health and Public Policy 3(2):69–77. doi: 10.51602/cmhp.v3i2.54. Cahyaningrum, Siti Aisyah. 2019. “Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Religiusitas Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA).” Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I) 7(1):49–61. doi: 10.15408/jp3i.v7i1.12109. Damaiyanti, M., and S. Rungreangkulkij. 2016. “Prevalence and Predictors of Depression among High School Students in Indonesia.” Journal of Nursing Science & Health 39(1):132–46. Damaiyanti, Mukhripah, and Dwi Rahmah Fitriani. 2017. “The Relation of Educational Level, Academic Achievement (GPA) and Depression Among Public School Adolescent.” Indonesian Journal of Nursing Practices 1(3):83–90. doi: 10.18196/ijnp.1365. Damayanti, Anita, Agus Suradika, and BT Asmas. 2020. “Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Melalui Aplikasi ICANDO Pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1–10. Dewi, G. R. dkk. 2020. “Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Aktif Berorganisasi Di Sekolah Menengah Kejuruan X Banyuwangi.” Jurnal CMHP 2655:19–30. Di, D. A. N. Oktober-desember, Kalimantan Timur, Firdausya Nur Mufidah, and Swandari Paramita. 2021. “PERBEDAAN KASUS COVID-19 PERIODE MARET-MEI 2020.” 3(2):57–69. Dianovinina, Ktut. 2018. “Depresi Pada Remaja: Gejala Dan Permasalahannya.” Journal Psikogenesis 6(1):69–78. doi: 10.24854/jps.v6i1.634. Helena, Vira. 2021. “Kejenuhan ( Burnout ) Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sma Di Pedesaan Kecamatan Lawang Kidul SKRIPSI.” Skripsi. Jayanti, Monik, Anita Dewi Utami, and Nur Rohman. 2021. “Analisis Proses Pembelajaran Daring Melalui Media Whatsapp Terhadap Kejenuhan Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp N 1 Padangan Kelas Viii Ips Tahun 2021.” 1–14. Keperawatan, Akademi, and Keris Husada. 2021. “Gambaran Tingkat Depresi Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan Tangerang Selatan.” 5(2). KURNIA, DEDEH. 2021. “Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(1):1–10. doi: 10.51878/teaching.v1i1.70. Lestari, Dian Fita, Fatimatuzzahra, and Dwi Dominica. 2020. “Jurnal Sains Dan Kesehatan.” Jurnal Sains Dan Kesehatan 3(4):242–47. Liu, Lu, En-Ze Wang, and Chien-Chiang Lee. 2020. “Impact of the COVID-19 Pandemic on the Crude Oil and Stock Markets in the US: A Time-Varying Analysis.” Energy RESEARCH LETTERS 1:1–5. doi: 10.46557/001c.13154. Permatasari, Nirwana, Liliana Sutanto, and Nur Syamyu Ismail. 2021. “Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19.” Jurnal Sosio Sains 7(1):36–50. Pertiwi, Swastika Tiara, Marisa Fransiska Moeliono, and Lenny Kendhawati. 2021. “Depresi, Kecemasan, Dan Stres Remaja Selama Pandemi Covid-19.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 6(2):72. doi: 10.36722/sh.v6i2.497. Rinawati, Desy, and Eka Kurnia Darisman. 2020. “Survei Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar Di Rumah Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Science and Education (JSE) 1(1):32–40. Riset, Artikel, Ngatoiatu Rohmani, and Rosi Andriani. 2021. “Korelasi Antara Efikasi Diri Akademik Dan Burnout Berawal Dari Pembelajaran Jarak Jauh Di Kalangan Mahasiswa Keperawatan Di Indonesia Selama Pandemi Penyakit Coronavirus 2019.” (April). Rudiana, Iis, and Mukhripah Damaiyanti. 2019. “Hubungan Komunikasi Keluarga Dengan Depresi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan.” (2015):451–57. Sifriyani, and D. Rosadi. 2020. “Pemodelan Susceptible Infected Recovered ( Sir ) Untuk Estimasi Angka Reproduksi Covid-19 Di Kalimantan Timur Dan Samarinda.” Jurnal Media Statistika (July):1–13. Sifriyani, Sifriyani, and Dedi Rosadi. 2020. “Susceptible Infected Recovered (Sir) Model for Estimating Covid-19 Reproduction Number in East Kalimantan and Samarinda.” Media Statistika 13(2):170–81. doi: 10.14710/medstat.13.2.170-181. Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314. Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. 2019. “Tinjauan Teologis-Sosiologis Terhadap Pergaulan Bebas Remaja.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3(2):199. doi: 10.30648/dun.v3i2.181. Winahyu, dyah Mustika Kusuma. 2020. “Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Burnout Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 11(1):102–9. Yanti, Cici Apriza, and Ilham Julian Akhri. 2021. “Perbedaan Uji Korelasi Pearson, Spearman Dan Kendall Tau Dalam Menganalisiskejadian Diare.” Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan 6(1):51–58. Yavuz, Guler, and Nuri Dogan. 2014. “Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS): A Validity Study.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 116:2453–57. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.590.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2613
dc.description.abstractLatar Belakang : Depresi merupakan salah satu gangguan jiwa alam perasaan (affective/mood disorder), ditandai dengan perasaan sedih yang berkepanjangan, mengisolasi diri, lebih banyak melamun.Kejenuhan mempunyai hubungan yang sama persitiwa belajar yang biasa terjadi dikalangan siswa yang dapat menyebabkan frustasi sehingga dapat mengakibatkan depresi dan kecemasan yang tinggi. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kejenuhan dengan depresi pada siswa sma selama pandemic covid-19 di samarinda. Metode : Desain penelitian ini adalah analtik korelasi dengan pendekatan cross-sectional.Sampel ini menggunakan rumus Slovin dengan jumlah siswa SMA sebanyak 1004 yang berusia 14-18 tahun. Dengan menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory II (BDI-II) dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Analisis statistic menggunakan Spearman Rho. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian kejenuhan dan depresi di peroleh nilai signifikan < 0,05 , p= 0,002 , dan Correlation Coefficient 0,097, dengan nilai N=1004. Maka berarti adanya hubungan yang signifikan yaitu hubungan antara kejenuhan dengan depresi pada siswa SMA. Kesimpulan : Adanya hubungan antara kejenuhan dengan depresi pada siswa SMA selama pandemic covid-19 di Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDepresiid_ID
dc.subjectKejenuhanid_ID
dc.subjectCOVID-19id_ID
dc.titleHubungan antara Kejenuhan dengan Depresi pada Siswa SMA selama Pandemi COVID-19 di Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Boredom and Depression in High School Students During The COVID-19 di Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record