dc.description.abstract | Salah satu cara untuk memaksimalkan tenaga dan torsi adalah dengan mengubah sudut pemisahan lobus camshaft, khususnya durasi camshaft. Untuk percobaan ini, kami tertarik untuk membandingkan daya dan torsi yang dihasilkan oleh camshaft standar dan camshaft yang dibuat khusus. Performa sepeda motor bensin empat langkah dapat ditingkatkan dengan memvariasikan sudut separasi lobus. Dengan memvariasikan sudut separasi lobus camshaft standar 1030 dengan variasi 1000 dan 1060, dalam proses penelitian digunakan metode eksperimen. Sebuah dynotest digunakan untuk mengukur kekuatan dan torsi mesin. Setelah pengujian selesai, akan diperoleh hasil berbagai pengukuran daya dan torsi. Ketika sudut pisah lobus 1030 menghasilkan daya maksimum 7,8 tenaga kuda dan torsi 9,13 Newton meter, hasilnya menunjukkan bahwa poros bubungan yang dimodifikasi dapat menghasilkan perbedaan penting, sedangkan sudut pisah lobus 1000 mendapatkan daya maksimum 7,0 tenaga kuda dan 8,21 daya kuda. Torsi Nm dan sudut pemisahan lobus. Tenaga maksimum adalah 9,1 hp dan torsi maksimum adalah 10,37 Nm untuk 1060. Ada korelasi kuat antara sudut pemisahan lobus dan pembangkit tenaga dan torsi. | id_ID |