Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu-Lintas: Studi Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Pertolongan pertama merupakan tindakan sementara untuk menangani penderita segera mungkin ditempat kejadian sebelum tenaga medis melanjutkan/menangani penderita (PMI, 2016). Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak disangka- sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai Jalan lainnya, mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda (PP RI No 43 Tahun 1993). Global Status Report on Road Safety yang dikeluarkan WHO. Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Di Indonesia, jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa per harinya. Tak berbeda jauh dengan di Nigeria, yang mengklaim 140 jiwa warganya tewas
akibat kecelakaan setiap hari. Sementara, angka kematian global saat ini tercatat mencapai angka 1,24 juta per tahun. Diperkirakan, angka tersebut akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 3,6 juta per tahun pada 2030. Pengetahuan berperan penting dalam tindakan pertolongan pertama, dimana dengan adanya pengetahuan dapat menentukan tindakan yang tepat untuk dilakukan saat terjadinya kejadian kecelakaan. Tujuan: Untuk membuktikan adanya Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Pertolongan Pertama
Pada Kecelakaan Lalu-Lintas: Studi Literrature Review. Metode: Jenis penelitian literature review. Pencarian jurnal menggunakan Google Scholar, Scient Direct, Pubmed sebagai sumber pencarian referensi yang terkait pengetahuan,pertolongan pertama pada
kecelakaan lalu-lintas dengan tahun publikasi 2012-2021. Jurnal yang digunakan berjumlah 15 (10 Internasional dan 5 Nasional). Manfaat: Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam aspek manfaat keilmuan. Kesimpulan: Hasil Studi Literrature Review mengungkapkan bahwa tingkat pengetahuan dengan pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas saling berhubungan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Adapun faktor yang meliputi: usia, pendidikan, informasi, lingkungan, dan pengalaman.