Show simple item record

dc.contributor.authorNovitasari, Riki
dc.date.accessioned2023-01-11T03:38:34Z
dc.date.available2023-01-11T03:38:34Z
dc.date.issued2022-07-06
dc.identifier.citationAbddulsalam, A.-H., & Mabrook, S. A. A. (2020). Scientific research hypotheses understanding of the pre-service science teachers at Faculty of Education, Amran University, Yemen. Educational Research and Reviews, 15(9), 544– 553. https://doi.org/10.5897/err2020.3994 Agarwal, N., Harikar, M., Shukla, R., & Bajpai, A. (2021). Factors determining psychological stress among Indian adolescents and young adults during the COVID-19 outbreak. Indian Journal of Social Psychiatry, 37(1), 82–87. https://doi.org/10.4103/ijsp.ijsp Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395 Cai, H. (2020). Sex difference and smoking predisposition in patients with COVID-19. The Lancet Respiratory Medicine, 8(4), e20. https://doi.org/10.1016/S2213-2600(20)30117-X Covid-, D. I. T. P. (2021). Humanistika: Jurnal Keislaman. 7(1), 26–45. Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jurnal Geografi, 4(1), 37–49. Di, P. C.-, & Pandemi, M. (2021). Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran covid-19 di masa pandemi. 2(1), 41–46. Diaz, J. H. (2020). Hypothesis: angiotensin-converting enzyme inhibitors and angiotensin receptor blockers may increase the risk of severe COVID-19. Journal of Travel Medicine, 27(3), 1–7. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa041 Dien Novitasari, L. K. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Tingkat Stres Narapidana Perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda. Skripsi, 2(1), 340–345. Fernanda, M. S., Fidiniki, A., Studi, P., Masyarakat, K., Syarif, U., & Jakarta, H. (2021). Peranan Kesehatan Mental Remaja Saat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8591–8599. Gunawan, C. F. (2019). Pengaruh Performance Expectancy dan Social Influence Terhadap Behavioral Intention Di Aplikasi Hijabenka. Agora, 7(2), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/ 9111 Guntur, G. (2019). a Conceptual Framework for Qualitative Research: a Literature Studies. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 10(2), 91–106. https://doi.org/10.33153/capture.v10i2.2447 Hang, S., & Tanjungpinang, T. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kecemasan Siswa Saat Vaksinasi Covid-19 Tingkat Stres. Jurnal Ilmu Kesehatan, VI(Ii), 69–73. Hartati, R., Imbiri, M. J., & Setiani, D. (2020). Gambaran Pengetahuan Mahasiswa Tentang Infeksi COVID-19 Selama Pembelajaran Daring di Poltekkes Kemenkes Jayapura. Jurnal Poltekkes Jayapura, 12(1), 7–13. Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., Xu, J., Gu, X., Cheng, Z., Yu, T., Xia, J., Wei, Y., Wu, W., Xie, X., Yin, W., Li, H., Liu, M., Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5 Hutagalung, A. B. Y., & Siagian, E. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 Terhadap Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Yang Praktik Di Rumah Sakit. Nutrix Journal, 214(288), 35–47. http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/nutrix/article/view/578 Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal- Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13. Lapostolle, F., Schneider, E., Vianu, I., Dollet, G., Roche, B., Berdah, J., Michel, J., Goix, L., Chanzy, E., Petrovic, T., & Adnet, F. (2020). Clinical features of 1487 COVID-19 patients with outpatient management in the Greater Paris: the COVID-call study. Internal and Emergency Medicine, 15(5), 813–817. https://doi.org/10.1007/s11739-020-02379-z Liang, L., Ren, H., Cao, R., Hu, Y., Qin, Z., Li, C., & Mei, S. (2020). The Effect of COVID-19 on Youth Mental Health. Psychiatric Quarterly, 91(3), 841–852. https://doi.org/10.1007/s11126-020-09744-3 Liestianingsih, I., & Suprayitno. (2022). Hubungan Kepuasan Kerja dengan Tingkat Stress Kerja Perawat d. 3(2), 1947–1954. Madekhan, M. (2019). Posisi Dan Fungsi Teori Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Reforma, 7(2), 62. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.78 Masyah, B. (2020). Pandemi Covid 19 terhadap Kesehatan Mental dan Psikososial. Mahakan Noursing, 2(8), 353–362. http://ejournalperawat.poltekkes-kaltim.ac.id/index.php/nursing/article view/180/74 Mirna Purwati, A. R. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Pada Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(April), 121. Moh Muslim. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. Mufidah, F. N., Paramita, S., & Marwan. (2021). Perbedaan Kasus COVID-19 Periode Maret-Mei 2020 dan Oktober-Desember 2020 di Kalimantan Timur. Jurnal Verdure,3(2), 57–69. http://jurnal.stikesmm.ac.id/index.php/verdure/article/view/152/107 Natalia, R. N., Malinti, E., & Elon, Y. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 2302–2531. Nurrachmawati, A., Permana, L., & Agustini, R. T. (2021). Pendampingan dan Fasilitasi dalam Mempersiapkan Pertemuan Tatap Muka Terbatas Sesuai Protokol Kesehatan di SDN 001 Sungai Kunjang Kota Samarinda. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(3), 79. https://doi.org/10.36339/je.v5i3.486 Nurul Aula, S. K. (2020). Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi Covid-19 Di Media Online Indonesia. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3(1), 125. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224 Pratama, Y. W., Hasymi, Y., & Nurlaili. (2021). Gambaran Tingkat Stres Remaja pada Masa Pandemi COVID-19 di SMKN 3 Kota Bengkulu. Seminar Nasional Kesehatan Abdurrab Dan Seminar Hasil Penelitian. Ramadhany, A., Firdausi, A. Z., Karyani, U., Psikologi, F., & Surakarta, U. M. (2021). Stres Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. 5(2), 65–71. Samsugito, I., & Putri, A. N. (2019). Gambaran Tingkat Stres Sebelum dan Sesudah Terapi Seft pada Remaja di SMAN 14 Samarinda. JurnalKesehatan Pasak Bumi Kalimantan, JKPBK. 2019; 2(2), 2(2), 70–78. Saraswati, S. K., Rahmaningrum, F. D., Pahsya, M. N. Z., Wulansari, A., Ristantya, A. R., Sinabutar, B. M., Pakpahan, E., & Nandini, N. (2021). Faktor Risiko Penyebab Obesitas. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(1), 70–74. Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80–83. Sekar, Sherien, Ananda, Dwi, Apsari, Nurliana, & Cipta. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19. 7(2), 248–256. Setiabudy, R. (2015). Etika Penelitian: Apa Dan Bagaimana? Majalah Kedokteran Andalas, 37, 20–25. 11(2), 1–15. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M.,Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415 Ulfa, L., & Fahzira, M. R. (2019). Faktor Penyebab Stress dan Dampaknya Bagi Kesehatan. Psikologi Kesehatan. Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119. Wang, M., Scanlon, C. L., Hua, M., Belmont, A. M., Zhang, A. L., & Toro, J. Del. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January. Yaribeygi, Habib, Panahi, Yunes, Sahraei, Hedayat, Johnston, P., T., Sahebkar, & Amirhossein. (2017). stress can decrease the activity of cytotoxic T lymphocytes and natural killer cells and lead to growth of malignant cells, genetic instability, and tumor expansion. EXCLI Journal, 16, 1057–1072. Yudita, N. A., Yanis, A., & Iryani, D. (2017). Hubungan antara Stres dengan Pola Siklus Menstruasi Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 299. https://doi.org/10.25077/jka.v6i2.695 Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484. Yusuf.(2020).Faktor-faktor-yang-Mempengaruhi-Stres-Akademik-Nur- Mawakhira-Yusuf.pdf. In Psyche 165 Journal (Vol. 13, pp. 235–239).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2873
dc.description.abstractTujuan Studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat stres terhadap kejadian Covid-19 pada remaja di SMKN 20 Samarinda. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner secara langsung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang menggunakan teknik stratified random sampling. Uji statistic dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Didapatkan hasil responden yang memiliki pengetahuan baik kategori tidak stress 24 orang (42.9%), dan pengetahuan baik kategori stress 32 orang (57.1%). Sedangkan responden yang memiliki pengetahuan kurang baik kategori tidak stress 21 orang (67.7%), dan pengetahuan kurang baik kategori stress berjumlah 10 orang (32.3%). Hasil uji Chi- Square ditemukan bahwa p value sebesar 0.026 <0.05 sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat stress terhadap kejadian Covid-19 pada remaja di SMKN 20 Samarinda. Manfaat: Agar menjadi perhatian bagi pihak sekolah untuk memperhatikan adanya penyebab risiko kesehatan mental siswa di sekolah dan menjadi sumber informasi bagi siswa sehingga siswa dapat mencari lebih banyak lagi informasi terkait topik tersebut.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectTingkat Pengetahuanid_ID
dc.subjectTingkat Stresid_ID
dc.subjectCovid-19id_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Stress terhadap Kejadian COVID-19 pada Remaja di SMKN 20 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between Knowledge Levels and Stress Levels on COVID-19 Incidents in Adolescents at SMKN 20 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record