Show simple item record

dc.contributor.authorFakhri Fadhillah, Akhmad
dc.date.accessioned2023-02-28T05:02:44Z
dc.date.available2023-02-28T05:02:44Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.citationArnoldusmawe, V. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Remaja Sekolah Menengah Atas Di Makassar 2016. Fkm-Unhas, 65. Chowdhury, N., Nurunnabi, M., Kaiser, F. R., Ahmed, S. M., & Roy, S. (2018). Knowledge and Practices among the. July. Chrisnawati, Y., & Suryani, D. (2020). Hubungan Sikap, Pola Asuh Keluarga, Peran Orang Tua, Peran Guru dan Ketersediaan Sarana Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 1101–1110. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.484 Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF Oleh: Dr. Wahidmurni, M.Pd. 210093. Fadila, R. A., & Rachmayanti, R. D. (2021). Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Surabaya Indonesia. Media Gizi Kesmas, 10(2), 213. https://doi.org/10.20473/mgk.v10i2.2021.213-221 H Kara, O. A. M. A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115. Heryana, A. (2020). Ade Heryana, S.St, M.KM | Hipotesis dalam Penelitian Kuantitatif. 1–16. indriastuti, D. R., & SE, M. S. (2021). Buku Saku Membangun Kepedulian Masyarakat Untuk Berperilaku Pola Hidup Bersih Sehat. http://press.unisri.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/A5_buku-saku- PSLKPW-PHBS-edit_SIAP-CETAK.pdf Julianti, R., & Nasirun, H. M. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. www.dinkes.go.id Khalifah, S. (2019). HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KESEHATAN LINGKUNGAN DI SDN NO.065013 MEDAN SELAYANG TAHUN 2019. ペインクリニック学 会治療指針2, 126(1), 1–7. Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal PROMKES, 4(1), 92. https://doi.org/10.20473/jpk.v4.i1.2016.92-103 Malawati. (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada masyarakat dan peserta didik Kabupaten Aceh Barat. Salink : Jurnal Kesehatan Lingkungan, 3, 39. Murti, D. K. (2016). Perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Antara Siswa Kelas VII Dengan Kelas VIII di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Mutiara, N. R. (2019). Pengaruh Karakter Budaya Terhadap Penerapan PHB di Lingkungan Sekolah. 11–29. Nasiatin, T., Pertiwi, W. E., Setyowati, D. L., & Palutturi, S. (2021). The roles of health-promoting media in the clean and healthy living behavior of elementary school students. Gaceta Sanitaria, 35, S53– S55. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2020.12.015 Ogasawara, R., Yamanaka, H., Kobayashi, J., Tomokawa, S., Sugita, E., Hirano, T., Kigawa, M., Nishio, A., Akiyama, T., Nam, E. W., Gregorio, E. R., Estrada, C. A. M., Thongthien, P., Kanyasan, K., Devkota, B., Hun, J., Ma, Y., & Yamamoto, B. A. (2022). Status of school health programs in Asia: National policy and implementation. Pediatrics International, 64(1), 1–12. https://doi.org/10.1111/ped.15146 Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27. Rambe, N. (2018). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91. Rorimpandey, H. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TOMPASO. Roza Asnel, M. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah menengah pertama. November 447–454. Saifah. (2011). HUBUNGAN PERAN KELUARGA, GURU, TEMAN SEBAYA DAN MEDIA MASSA DENGAN PERILAKU GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MABELOPURA KOTA PALU. Saputra, O., & Suryani, D. (2021). Pengetahuan, Sikap, Sarana dan Jenis Kelamin dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Asrama Riau Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Dan Pengelolaan Lingkungan, 2(1), 88–93. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jkpl/article/view/4157 Saputro, D. P. (2016). Faktor yang Mempengaruhi PHBS Rumah Tangga di RW 03 Kelurahan Pakunden Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(3), 207–212. https://doi.org/10.26699/jnk.v3i3.art.p207-212 Seana, M., Studi, P., Keperawatan, S., Keperawatan, F., & Kencana, U. B. (2020). HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA : LITERATURE REVIEW. Sekhon, H., & Minhas, S. (2014). A school based survey on hygiene in a rural area of northern India. International Journal of Pharma Research and Health Sciences, 2(2), 179–184. Serri Hutahaean, N. V. A. (2021). Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia,4(2),398–404. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/12536 Setiabudy, R. (2015). Etika Penelitian: Apa Dan Bagaimana? Majalah Kedokteran Andalas, 37, 20–25. Sri Sunarti. (2017). Jurnal Dunia Kesmas. Journal Kesehtan, 549, 40–42. Sukma, E. M. (2013). Peran Guru Dalam Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PBHS) Pada Siswa Melalui Indikator Cuci Tangan dan Jajanan Sehat (Tudi Kualitatif Di SLB Negeri Jember). Twebaze, R. M. (2015). M Obile P Hone U Se I N U Ganda ’ S B Oarding S Econdary S Chools : a C Ase S Tudy O F B Ushenyi. 5(1), 28–38. Undang-Undang Kesehatan No 36. (2009). UU no. 36 tahun 2009. Sekretariat Negara RI. Violant-Holz, V., Rodríguez-Silva, C., Carol, M., & Rodríguez, M. J. (2021). Impact of cocreation training capsules for preschool teachers on children’s healthy habits: a pilot study conducted in Barcelona, Spain. BMC Public Health, 21(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-021-12160-2 Yulia, Y. (2019). Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Asosiatif. 2007, 45–61.(Aswadi et al., 2017). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupater Manggarai timurid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3034
dc.description.abstractTujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara peran guru dengan PHBS di sekolah pada siswa SMA Negeri 2 Tenggarong. Metodologi : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner online (google form) yang diisi oleh responden. Jumlah sampel penelitian adalah 188 dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil : Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman didapatkan nilai p- value 0,0751 atau p > 0,05 yang berarti dapat disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan peran guru dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa SMA. Negeri 2 Tenggarong dan Dan diperoleh angka korelasi sebesar 0,023 yang artinya tingkat kekuatan korelasi/hubungan antara kedua variabel cukup lemah. Manfaat : Sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya dan diharapkan pembaca dapat menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari serta penelitian ini dapat dijadikan bahan bacaan untuk menambah wawasan tentang PHBS serta dapat menjadi bahan referensi tambahan untuk penelitian selanjutnya.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPHBSid_ID
dc.subjectPeranid_ID
dc.subjectGuruid_ID
dc.subjectSiswaid_ID
dc.titleHubungan Antara Peran Guru dengan PHBS di Sekolah pljhtrwada Siswa SMAN 2 Tenggarongid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between the Role of Teachers and PHBS in Schools for Students of SMA Negeri 2 Tenggarongid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record