Pengembangan pemasaran usaha kecil kue tradisional rumahan melalui media E-commerce
View/ Open
Date
2018-06-28Author
Sunarti, Sunarti
Herning Puspita, Rani
Ernawati, Rini
Metadata
Show full item recordAbstract
Sektor kuliner adalah favorit para wirausahawan pemula di Kaltim. Kue getas merupakan salah satu penganan kue tradisional rumahan. Produsen kue getas yang merupakan khalayak sasaran pengabdian adalah usaha yang didasari pada warisan keluarga. Pemilihan khalayak sasaran
dikarenakan adanya peluang bisnis yang lebih luas dalam pemasarannya namun terhambat oleh
pengadaan media atau sarana dan prasarana penunjang baik segi modal, pemasaran, pengadaan
alat, material/ bahan, dan pengemasan. Kegiatan PKM ini bertujuan mengembangkan usaha kecil
kepemasaran yang lebih luas dengan pengadaan material dari sumbernya dengan mudah dan
murah, serta menggunakan peralatan penunjang modern guna pengefisienan waktu dalam
pengolahan. Kerangka pemecahan masalah terhadap usaha rumahan yang ada pada khalayak
sasaran meliputi pengadaan bahan, pengadaan alat, pemasaran, dan pengemasan. Tim pengabdi
melakukan pendamping untuk mengembangkan UKM kue getas baik dalam hal pengadaan
bahan, pemasaran, penyediaan alat dan pengemasan yang memudahkan produsen dalam
mengolah, mengemas dan memasarkan produk yang dihasilkan. Dalam pelaksaannya dilapangan
tim pengabdi berupaya mengarahkan pelaku usaha untuk tidak hanya melirik pasar yang lebih
luas namun juga meninjau aspek pengadaan bahan dengan membuka link pasar, alat yang
ekonomis dan mampu mengefisiensi waktu, pengemasan produk dengan bahan yang ramah
lingkungan dan pemasaran melalui media on line. Target luaran dari kegiatan PKM ini adalah
dapat dimuat dalam artiel jurnal nasional dan jurnal PKM di Universitas Muhammadiyah
Kalimantan Timur.