INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS MANAJEMEN LINGKUNGAN
Date
2022-11Author
Fauziah, Fenty
Fitriansyah, Fitriansyah
Sutedjo, Bambang
Said, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran berbasis kasus (CBL) merupakan pembelajaran berorientasi pada pemecahan masalah yang efektif dan menarik, diskusi dari situasi yang spesifik, dan contoh kejadian nyata dalam dunia bisnis. Obyek kasus yang digunakan adalah upaya pelestarian lingkungan hidup yang berpengaruh pada dunia bisnis yang dilihat dari sisi ekonomi, sosial, politik dan hukum. Kegiatan dilaksanakan pada sekolah Sungai Karang Mumus (Sekolah SKM), yang terletak di jalan Muang Ilir, Desa Betapus, Samarinda. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan CBL terhadap motivasi hasil belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan pre-post-test. Jumlah populasi sebanyak 25 mahasiswa Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur yang tergabung dalam kelas mata kuliah manajemen lingkungan serta menggunakan teknik total sampling. Statistik non parametrik, yang merupakan uji pasangan dari Paired Sample t-test dengan uji Wilcoxon digunakan dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar mahasiswa sebelum menerapkan metode pembelajaran berbasis kasus dan sesudah pembelajaran berbasis kasus diterapkan pada mata kuliah manajemen lingkungan. Mahasiswa yang termotivasi untuk belajar akan memiliki hasil belajar yang baik. Mahasiswa terlatih dan kemudian terbiasa untuk berpikir secara
kritis serta menggunakan pengetahuan mahasiswa sebelumnya dalam memecahkan masalah. Hal tersebut menjadi pemicu pendidik dan institusi untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis kasus sebagai pembelajaran yang inovatif.