Hubungan antara Tingkat Streesor dengan Tingkat Kecemasan pada Saat Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Latar belakang: Pelaksanaanya pembelajaran daring memerlukan dukungan perangkat mobile seperti smartphone atau android, laptop, komputer, tablet, iPhone yang dapat di pergunakan untuk mengakses informaasi kappa saja dan dimana saja. Metode pembelajaran ini menyebabkan penurunan motivasi belajar mahasiwa karena kurang terpantaunya proses pembelajaran dengan baik sehingga dapat menyebabkan terjadinya stress.
Tujuan penelitian: penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Hubungan Antara Tingkat Streesor Dengan Tingkat Kecemasan Pada Saat Pembelajaran Daring Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Metode penelitian: Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 369 responden. Pengambilan data menggunakan google form yang disebarkan melalui whatss app. Analisis untuk uji hipotesis dengan menggunakan chi square.
Hasil penelitian: Hasil uji statistic diperoleh nilai p-values sebesar 0,000<0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan interpretasi ada Hubungan Antara Tingkat Streesor Dengan Tingkat Kecemasan Pada Saat Pembelajaran Daring Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan / bermakna hubungan Hubungan Antara Tingkat Streesor Dengan Tingkat Kecemasan Pada Saat Pembelajaran Daring Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.