dc.description.abstract | Pendahuluan: Masa pandemik Covid-19 saat ini memberikan dampak bagi setiap aspek kehidupan masyarakat termasuk dunia pendidikan. Pembatasan aktivitas diluar rumah menyebabkan proses pembelajaran saat ini dilakukan di rumah masing masing menggunakan metode Dalam jaringan (Daring). Metode ini diterapkan juga di pendidikan tinggi Ilmu Keperawatan khususnya di mata kuliah keperawatan bencana. Agar proses pembelajaran dapat diserap dengan baik oleh peserta didik maka diperlukan media pembelajaran yang kreatif dan tepat guna. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan melakukan penelitian tentang pengembangan aplikasi Game Triase berbasis Web sebagai metode pembelajaran triage bencana dimasa pandemik covid-19 bagi mahasiswa keperawatan.
Tujuan: Penelitian adalah untuk mengembangkan aplikasi Game Triase berbasis Web, mengetahui efektifitas penggunaannya sebagai media pembelajaran serta mengetahui penilaian mahasiswa terhadap media pembelajaran aplikasi Game Triase berbasis Web sebagai media pembelajaran.
Metode: Penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi yang telah dikembangkan tersebut kemudian diuji coba kepada 90 orang mahasiswa S1 Keperawatan yang menempuh semester VII.
Hasil: Aplikasi game triage berbasis web dikembangkan dengan baik, aplikasi terbukti efektif (N Gain Score > 75%) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan lebih dari 50% mahasiswa menyatakan bahwa aplikasi game triage kreatif dan inovatif dan dapat meningkatkan motiviasi belajar.
Simpulan dan Rekomendasi: Aplikasi game triase efektif sebagai media pembelajaran triage bencana di masa pandemik. | id_ID |