Show simple item record

dc.contributor.authorSureskiarti, Enok
dc.contributor.authorZulaikha, Fatma
dc.contributor.authorVera, Lidya
dc.contributor.authorSanjaya, Raenaldy
dc.date.accessioned2023-04-11T02:59:24Z
dc.date.available2023-04-11T02:59:24Z
dc.date.issued2020-12
dc.identifier.issn2085-1049
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3182
dc.description.abstractPuskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan terjangkau. Peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pasien agar pasien tetap loyal kepada Puskesmas. Perawat merupakan salah satu tim pelayanan kesehatan terbesar yang dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan di unit pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perawat adalah faktor internal yaitu motivasi. Semakin tinggi motivasi seseorang maka semakin kuat pula dorongan untuk bekerja lebih keras sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan. Selain faktor internal, kinerja perawat juga dipengaruhi oleh faktor eksternal antara lain faktor beban kerja Fisik Perawat, semakin banyak beban kerja akan mempengaruhi mutu pelayanan yang di berikan di Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan beban kerja fisik perawat terhadap kualitas mutu pelayanan di Puskesmas yang merupakan salah satu unit pelayanan Kesehatan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 perawat yang bekerja di Puskesmas Long Ikis Kabupaten Paser Kalimantan Timur dengan sebaran 19 perawat di Puskesmas Utama dan 16 perawat yang tersebar di 14 Puskesmas Pembantu yang tersebar di Long Ikis Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Uji bivariat untuk motivasi dan beban kerja perawat menggunakan Uji Korelasi Gamma. Hasil dari penelitian ini adalah Tidak ada hubungan antara motivasi perawat dengan kualitas pelayanan dengan P = 0.007 < 0.05 dan Ada hubungan yang signifikan antara beban kerja perawat terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Long Ikis Kabupaten Paser Kalimantan Timur dengan P = 0.457 > 0.05.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendalid_ID
dc.relation.ispartofseriesJurnal Keperawatan;943-952
dc.subjectBeban kerja fisikid_ID
dc.subjectMotivasiid_ID
dc.subjectMutu pelayananid_ID
dc.subjectPUSKESMASid_ID
dc.titleMOTIVASI DAN BEBAN KERJA PERAWAT TERHADAP MUTU PELAYANAN DI PUSKESMASid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record