Evaluasi Program Latihan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda
Abstract
Program latihan merupakan upaya proses dalam mencapai prestasi olahraga. Tujuan penelitian ini ingin mengevaluasi program latihan ekstrakulikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk pendekatan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian yaitu Pembina ekstrakulikuler, Pelatih dan peserta Ekstrakulikuler futsal putra dan putri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Belum adanya program latihan yang dibuat oleh pelatih selama 1 periode dalam pelaksanakan eksrakurikuler. 2) Kompetensi sumber daya manusia dalam program latihan sudah sangat baik yang dimana meliputi ketentuan open rekrutmen, mutu, kinerja, kesesuaian jumlah pelatih, penilaian kinerja dan hak kewajiban pelatih ekstrakurikuler Futsal. 3) Faktor pendanaan menjadi point penting dalam kelangsungan kegiatan, proses pengalokasian dana masih belum sinkron antara pengurus sekolah dengan pelatih yang seharusnya menjadi lebih transparansi. 4) Pelaksanaan dengan menggunakan sarana dan prasarana dalam kondisi yang memadai, layak digunakan dan lengkap mulai dari lapangan, hingga peralatan latihan. 5) Keterampilan umum dan khusus yang dilakukan berjalan dengan baik. Capaian prestasi ekstrakurikuler yang didapatkan tidak merata anatara tim Futsal putra dan putri yangdimana tim futsal putri lebih mendominasi. Disimpulkan evaluasi
program latihan dalam penerapan ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda untuk mencapai Program latihan ekstrakulikuler Futsal membutuhkan aspek pendukung dan harus mempertimbangkan beberapa aspek untuk melaksanakan program latihan dalam mencapai prestasi.