dc.description.abstract | Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada membahas
pelaksanaan pendidikan anak pekerja migran di Sanggar Bimbingan Malaysia
khususnya di bidang pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pelaksanaan pendidian sebagai upaya peningkatan
kemampuan jasmani anak pekerja migran di Sanggar Bimbingan Malaysia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Desain penelitian ini
menganalisis, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah kebugaran jasmani anak
pekerja migran dalam pelaksanaan pendidikan di sanggar bimbingan Malaysia.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak pekerja migran Indonesia dan
pengelola sanggar bimbingan. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode
analisis kualitatif non statistic. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Tata laksana pembelajaran belum terkelola secara teratur/ sistematis oleh pihak pengelola sanggar bimbingan
Malaysia, 2) Aspek sumber daya pendukung secara umum dapat melaksanakan
kegiatan pembelajaran walaupun tidak sama dengan kegiatan pembelajaran
sekolah formal, 3) Kebutuhan yang berkaitan dengan pemenuhan beberapa
aspek seperti fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan dan aktualisasi masih
perlu diperhatikan, salah satunya dengan focus memperbaiki kualitas
pelaksanaan pendidikan di sanggar bimbingan. Pelaksanaan pendidikan sebagai
upaya peningkatan kemampuan jasmani bagi anak pekerja migran di sanggar
bimbingan Malaysia masih belum terlaksana dengan optimal dan harus
mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya tata laksana pembelajaran yang
kreatif dan kondusif, aspek sumber pendukung berupa tambahan guru tetap,
dana pendidikan untuk pembangunan toilet, sarana dan prasarana, peralatan
kesehatan dan keamanan sekolah serta fasilitas belajar berupa layar proyektor,
selanjutnya kondisi anak sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan
pendidikan dan pemenuhan kebutuhan dengan dukungan aktivitas jasmani
untuk mendukung peningkatan kemampuan jasmani anak. | id_ID |