dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing
bawah melalui latihan passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah
pada siswa kelas IXA di SMP IT MADINA. Berdasarkan hasil pengamatan
peneliti di kelas IXA, 25 dari 30 siswa belum menguasai teknik dasar bola voli
terutama teknik passing bawah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Sampel dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas IXA di SMP IT MADINA berjumlah 30
siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes passing bawah ke dinding
(Brumbach forearm pass wall-volley test) selama 60 detik. Teknik yang
digunakan untuk analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh latihan passing
berpasangan terhadap keterampilan passing bawah siswa kelas IXA di SMP IT
MADINA.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan setelah diberikan
treatment berupa passing berpasangan. Pre-test menghasilkan skor rata-rata 13,4
(kategori kurang). Setelah diberikan treatment, post-test menghasilkan
peningkatan skor menjadi 24,31 (kategori baik). Disimpulkan terdapat pengaruh
metode latihan passing berpasangan terhadap keterampilan passing bawah bola
voli pada siswa kelas IXA di SMP IT MADINA. | id_ID |