Show simple item record

dc.contributor.authorIndarwati, Inggit
dc.date.accessioned2023-09-29T05:34:24Z
dc.date.available2023-09-29T05:34:24Z
dc.date.issued2021-07-15
dc.identifier.citationAnatasya, S., Murad, A., Negeri, U., Jl, M., Iskandar, W., & Utara, S. (2020). Indonesia Counseling And Psychology , 1 ( 1 ), 2020 , 34-42 Analisis Penyalahgunaan Instagram Pada Siswa Kelas X Sma Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020 Dan Impilikasinya Terhadap Layanan Informasi Di Sekolah. 1(1), 34–42. Angga Januar Ramadhan, F. C. (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 283. Ardiana, D. (2017). Dengan Kejadian Depresi Postpartum Pada Ibu Postpartum Di Rsud Wonosari Tahun 2016 Dika Ardiana P 07124215089 Prodi D-Iv Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2017. Aryati, Y. D. (2013). Gambaran Cyberbullying pada Siswa SMA Negeri 3 Jember. Barlett, C. P., Rinker, A., & Roth, B. (2021). Cyberbullying perpetration in the COVID-19 era: An application of general strain theory. The Journal of Social Psychology, 00(00), 1–11. https://doi.org/10.1080/00224545.2021.1883503 Berita.satu. (2021). Data penggunaan media sosial paling populer di indonesia tahun 2020-2021. http://brt.st/73PwCahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. Information System for Education and Professionals, 1(1), 21–34. Doni, rohma F. (2017). Perilaku Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(2), 16–23. Dwiantoro, H. B. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pelajaran matematika siswa kelas iv sd negeri deresan. Elpemi, N. (2020). Fenomena cyberbullying pada peserta didik. Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 1–5. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/%0ANopia Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI). Indonesian Christian University, 1(1), 40– 53. Ferlitasar, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. 61. http://repository.radenintan.ac.id/4221/1/SKRIPSI.pdf Fitri, W. (2021). Kajian Hukum Islam Atas Perbuatan Perundungan ( Bullying ) Secara Online Di Media Sosial. 9(1), 143–157. Hootsuite. (2020). Data Tren Internet dan Media sosial 2020 di Indonesia. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/ Irfan, M., Bela, S., Putri, R., Aryanti, T., Ari, A., & Susanti, K. (2020). Fenomena Cyberbullying Dalam Teknologi Media Sosial ( Instagram ) Perspektif Ilmu Komunikasi. 1(April), 1–7. Karaman, H. B. (2020). An Investigation Of Adolescents’ Level Of Exposure to Cyberbullying in Terms of Social Media Attitude and Social Appearance Anxienty. 9(3), 17–25. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI, 1–582. Kesehatan, K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19). Kementrian Kesehatan, 5, 178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV- 05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf KPAI. (2020). Data Kasus Perlindungan Anak Data Update Per - 31 Desember 2020 Mileston Sistem Pendataan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Kusumaryani, M. (2017). Brief notes : Prioritaskan kesehatan reproduksi remaja untuk menikmati bonus demografi. Lembaga Demografi FEB UI, 1–6. http://ldfebui.org/wp-content/uploads/2017/08/BN-06-2017.pdf Latifah, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Moral Dan Aktivitas Belajar Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas III, IV Dan V SD Negeri Kemirirejo 3 Magelang). Jurnal Pendidikan Indonesia. Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145 Marsinun, & Riswanto. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di MediaSosial Youth Cyberbullying Behavior in Social Media. 12(2), 98–111. Martínez, J., Rodríguez-Hidalgo, A. J., & Zych, I. (2020). Bullying and cyberbullying in adolescents from disadvantaged areas: Validation of questionnaires; prevalence rates; and relationship to self-esteem, empathy and social skills. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph17176199 Muzdalifah, F., & Zanirah, F. (2018). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Instagram. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 60–67. https://doi.org/10.21009/jppp.072.01 Nurahmah, & Mukti. (2021). Remaja dengan perilaku merokok saat ini dianggap sebagai perilaku yang wajar di masyarakat , tingkat penyebaran perokok saat ini paling tinggi juga terjadi pada anak usia remaja . Perilaku merokok adalah gaya hidup yang merugikan merokok terdapat di Kambo. 1, 11–21. Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar Jurnal Jaffray,14(1), 43–62. https://doi.org/10.25278/jj.v14i1.188.43-62 Putranto. (2017). Cyberbullying di kalangan remaja urban (Studi Tentang Tindakan Pelaku Cyberbullying di Kalangan remaja Urban. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Rahayu, C. D., & Mulyani, S. (2020). Jurnal Ilmiah Kesehatan 2020 Jurnal Ilmiah Kesehatan 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(Mei), 33–42. Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying pada Remaja (Studi Analisis media Sosial Facebook). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 35–44 Rifka Nadila, H. M. (2018). Pengaruh Pengguaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Remaja (Studi Pada Remaja Gampong Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh), 3(4). RizkyFitransyah, R. , & Waliyanti, E. (2018). Perilaku Cyberbullying Dengan Media Instagram Pada Remaja Di Yogyakarta. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(1), 36–48. https://doi.org/10.18196/ijnp.2177 Rumra, N. S., Rahayu, B. A., Ringroad, J., & Blado, S. (2021). Perilaku cyberbullying remaja. 3(1), 41–52. Salami, S. A. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan cyberbullying pada remaja di smp negeri se-kecamatan bumiayu. 20–22. Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5) https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210 Saputro, Z. khamim. (2017). Aplikasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu agama ( memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja). Jurnal Aplikasi Ilmu Ilmu Agama, Volume 17(No 1), 25–32. Sinaga, Y. V. (2016). Hubungan antara perilaku asertif dan perilaku cyberbullying di jejaring sosial. 130. ri: http://repository.usd.ac.id/id/eprint/6490 Sopian, D., & Suwartika, W. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 40–53. https://doi.org/10.37151/jsma.v11i2.5 Sukmaningtyas, W. F. (2017). Penggunaan Jejaring Sosial Pada Perilaku Perundungan Siber Remaja Di Smk Negeri 1 Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 170–180. Sukmawati, A., Puput, A., & Kumala, B. (2020). Dampak cyberbullying pada remaja di media sosial. 1(1), 55–65. Sultan, I. S. (2020). Efektifitas Penggunaan Fitur Instagram Dalam Meningkatkan Pertemanan Remaja SMA Negeri 1 Maros di Era Digital. Avant Garde, 8(2), 178. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1135 Ulfa, N. F. (2019). Dampak Penggunaan Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja. 13. UNICEF. (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, Peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-hak Anak. Unicef, 8–38. file:///C:/Users/USER/Documents/SKRIPSI KAK PUTRI/Situasi-Anak-di- Indonesia-2020.pdf WHO. (2018). Handout for Module A Introduction. In Department of Child and Adolescent Health and Development. https://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/pdfs/924159 1269_op_handout.pdf Yang, F. (2021). Coping strategies, cyberbullying behaviors, and depression among Chinese netizens during the COVID-19 pandemic: a web-based nationwide survey. Journal of Affective Disorders, 281(June 2020), 138– 144. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.12.023id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3400
dc.description.abstractTujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara media sosial Instagram terhadap perilaku cybebullying pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang di masa pandemic covid-19. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas XI seluruh jurusan yaitu keperawatan, akuntansi,Teknik sepeda motor dan Teknik computer dan jaringan pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang yang berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan pendekatan stratified random sampling. Responden berjumlah 110 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online mengenai media sosial Instagram dan perilaku cyberbullying. Analisis data menggunakan SPSS untuk uji chi square. Hasil: Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi-square yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku cyberbullying pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang di masa pandemi dengan nilai p-value =0.037 < 0.05. Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi, acuan dalam penelitian berikutnya dan sebagai informasi mengenai hubungan antara media sosial Instagram terhadap perilaku cyberbullying serta sebagai penanggulangan dalam perilaku cyberbullying pada kalangan remaja khususnya remaja di SMK Putra Bangsa Bontang.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMedia Sosial Instagramid_ID
dc.subjectPerilaku Cyberbullyingid_ID
dc.titleHubungan Penggunaan Sosial Media Instagram terhadap Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMK Putra Bangsa Bontang dimasa Pandemi COVID-19id_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between the Use of Instagram Social Media to Cyberbullying Behavior in Putra Bangsa Bontang Vocational School Students In the COVID-19 Pandemicid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record