Show simple item record

dc.contributor.authorZuhrotul Azizah Arsyid, Annasthasya
dc.date.accessioned2023-10-12T02:25:32Z
dc.date.available2023-10-12T02:25:32Z
dc.date.issued2023-06-22
dc.identifier.citationAstuti, D. A., Hernaya, A., Nabila, A., & Kusumaningtiar, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Burnout Pada Tenaga Kesehatan Instalasi Pelayanan Radiologi Dan Kedokteran Nuklir Rsupn Cipto Mangunkusumo Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 10(1), 108–114. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i1.32004 Cahyani, D. R. (2019). Kejenuhan Kerja (Burnout) Pada Guru Honorer di Kota Makassar. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5). Universitas Negeri Makassar. Dewi, R. M. (2019). Metode Penelitian. Jurnal Penelitian, 4(1), 1–23. Farman, A. (2018). Burnout Syndrome. https://adipsi.blogspot.com Freire, C., Ferradas, M. D. ., Garcia, A. B., Nunez, J. ., Rodriguez, S., & Pineiro, I. (2020). Psychological Capital and Burnout in Teachers: The Mediating Role of Flourishing. International Journal of Evironmental Reasearch and Public Health, 17(22), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph17228403 Freudenberger. (1974). Staff Burn-Out. Journal of Social Issues, 90(1), 159–165.https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1540 4560.1974.tb00706.x Hartanti, I. D., Supriyanto, A., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen Penanganan Burnout Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 347–357. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p347 Hidayat, I., Rachmi, A., Usia, H., Stres, T., Pt, P., & Garmentama, M. (2019). Age Relationship and Employment Towards Stress in The Production Part of PT . Multi Garmentama Bandung dengan psikologis pekerja , yang Metode analitik Garmentama Bihbul Kabupaten inklusi dan ekslusi . dengan survei pada populasi . memenuhi kriteria inklu. 5(1), 368–374. Ivancevich, J. (2007). Psikologi dan Manajemen Organisasi. Erlangga. Jauvani. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Kasus pada Tenaga. 4(1), 221–228. Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The Structure Of Negative Emotional States: Comparison Of The Depression Anxietystress Scales (Dass) With The Beck Depression And Anxiety Inventories. Behaviour Research and Theraphy, 33(3), 335–343. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0005-7967(94)00075-u M Ramdan, I., & Nursan Fadly, O. (2016). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Burnout pada Perawat Kesehatan Jiwa. JurnalKeperawatan Padjadjaran, v4(n2), 170–178. https://doi.org/10.24198/jkp.v4n2.7 Marisa, P. A. A. (2021). Pengaruh Stres Kerja Dan Hardiness Terhadap Burnout. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Maslach, C., Leiter, M. P., S. W. (2009). Measuring Burnout. In The Oxford Handbook of Organizational Well Being (pp. 86–108). Maslach, C. (2003). Burnout: The Cost of Caring. Malor Books,Cambridge,MA. Maslach, C., & Jackson, S. E. (1981). The measurement of experienced burnout. Journal of Organizational Behavior, 2(2), 99–113. https://doi.org/10.1002/job.4030020205 Maslach, C., Jackson, S. E., & Leiter, M. P. (1997). The Maslach Burnout Inventory Manual (Third Edition). In Evaluating stress a book of resources (Issue June 2015). https://www.researchgate.net/publication/277816643 Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout (In Fiske.). Annual Review of Psychology. Miadinar, M. G., & Supriyanto, C. (2021). Tingkat Kesehatan Mental Di Tim Atletik Tulungagung Selama Pada Atlet Dan Non-Atlet. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03), 31–40. Nadyastuti, S. C., Mularsih (Almh), H., & Tiatri, S. (2021). Peran Perceived Stress Dan Self-Efficacy Terhadap Teacher Burnout Guru Tk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(2), 475. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i2.12097.2021 Notoatmojo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Oktaviani, L. W., Ihsan, M., & Ghalib, H. M. D. (2017). Hubungan Stres Kerja Dengan Tingkat Kehadiran Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kota Bangun Diajukan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Parashakti, R. D., & Ekhsan, M. (2022). Peran Burnout sebagai Mediasi pada Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 365–373. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.609 Pines, A. M., & Aronson, E. (1988). Career burnout: Cause and cures. Free Press. Purba, J., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Guru. Jurnal Psikologi, 5(1), 77–87. Rahmi, I., & Nio, S. R. (2021). Burnout Work In School Teacher in Solok City Kejenuhan Kerja ( Burnout ) pada Guru Sekolah di Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 4315–4318. Rosyid, H. . (1996). Burnout: Penghambat Produktifitas yang perlu dicermati. In Jurnal Psikologi (Vol. 1). Universitas Gajah Mada. Satrio, M. (2014). Stres Kerja Terhadap Burnout Serta Implikasinya Pada Kinerja (Studi Terhadap Dosen Pada Universitas Widyagama Malang). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 52–63. Sesrianty, V. (2018). Hubungan Pendidikan Dan Masa Kerja Dengan Keterampilan Perawat Melakukan Tindakan Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 5(2), 139–144. https://doi.org/10.33653/jkp.v5i2.143 Sokal, L., Trudel, L. E., & Babb, J. (2021). I’ve had it! Factors Associated With Burnout and Low Organizational Commitment in Canadian Teachers During The Second Wave Of The Covid-19 Pandemic. International Journal Od Education Research Open, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100023 Sugyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Togia, A. (2005). Measurement of Burnout and The Influencer of Background Chracteristic in greek academic librarians. Journal Library Management, 26(3), 130–139. Wahyuningsih, E. (2018). Tingkat Stres Remaja Dengan Siklus Menstruasi. Jurnal Siklus Menstruasi, 66(1), 37–39. Wigert, B. (2020). Employee Burnout: The Biggest Myth. 13 Maret 2020. https://www.gallup.com/workplace/288539/employee-burnout-biggest-myth.aspxid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3417
dc.description.abstractTujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan burnout syndrome pada karyawan di Sekolah Swasta Samarinda. Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di Sekolah Swasta Samarinda yang berjumlah 73 karyawan dengan sampel sebesar 42 karyawan yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Variabel independent dalam penelitian ini ialah stres kerja, sedangkan variabel dependen yaitu burnout syndrome. Uji pada penelitian ini menggunakan uji spearman rank dengan ρ value sebesar α = 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara stres kerja dengan burnout syndrome ( ρ = 0,000 < 0,05 ) pada karyawan di Sekolah Swasta Samarinda. Manfaat: Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi mengenai hubungan stres kerja dengan burnout syndrome untuk penelitian lebih lanjut sebagai bahan pertimbangan kebijakan stres dan preventif untuk stres mental pada karyawan baik guru maupun staff.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectStres kerjaid_ID
dc.subjectBurnout Syndromeid_ID
dc.subjectKaryawanid_ID
dc.titleHubungan Stres Kerja dengan Burnout Syndrome pada Karyawan di Sekolah Swasta Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Association between Working Stress and Burnout Syndrome on the Employees at Samarinda’s Private Schoolid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record