dc.description.abstract | Keterampilan gerak dasar sendiri merupakan hal penting dalam Pendidikan
jasmani, karena pada pembelajaran dasar awalnya Pendidikan jasmani sudah
diajarkan di SD dengan aspek gerak yang lebih dominan dan bangunan dasar untuk
aktivitas fisik dan olahraga ke depannya. Tujuan penelitian ini yaitu ingin
mengetahui dan memahami Pengaruh Ice Breaking pada siswa sekolah dasar, dan
sasaran penelitian kali ini adalah siswa SDN 001 Sungai Kunjang.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitatf dengan desain penelitian
eksperimen, populasi terdiri 115 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel
yaitu nonprobility sampling dengan mengambil 28 siswa kelas 3 SDN 001 Cendana
Sungai Kunjang Dikaranakan total populasi yang ada terbilang menjadi 4 kelas yaitu,
maka peneliti mengambil sampel ¼ (seperempat) dari total populasi.
Hasil dari penelitian ini Hasil uji t untuk keterampilan gerak dasar lokomotor
dapat dilihat bahwa t hitung sebesar 5.444 > 2,07 (t-tabel) dan besar nilai
signifikansi probability 0,000 < 0,05, 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti
terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode Ice Breaking terhadap
kemampuan keterampilan gerak dasar lokomotor pada sekolah SDN 001 Sungai
Kunjang ini, disimpulkan bahwa bahwasanya hasil penggunaan Ice Breaking dapat
mempengaruhi keterampilan gerak dasar lokomotor secara positif. | id_ID |