• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisa Pengaruh Variasi Campuran Bahan Bakar Dexlite dengan Minyak Sawit terhadap Kinerja Engine Diesel Satu Silinder

Thumbnail
View/Open
COVER (2.350Mb)
BAB 1 (77.39Kb)
BAB 2 (469.0Kb)
BAB 3 (133.8Kb)
BAB 4 (283.8Kb)
BAB 5 (17.05Kb)
DAFTAR PUSTAKA (69.27Kb)
LAMPIRAN (2.109Mb)
NASKAH PUBLIKASI (1.443Mb)
SKRIPSI FULL (7.349Mb)
Date
2023-01-10
Author
Suseno, Vicky Prio
Metadata
Show full item record
Abstract
Biodiesel merupakan salah satu alternatif bahan bakar minyak yang bersumber dari minyak nabati. Selain itu juga dapat diperoleh dari sari pati buah sawit. Hal ini mendorong peneliti untuk membuat biodiesel dari minyak sawit yang selanjutnya akan di uji pada unit engine diesel satu silinder dengan pengujian daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Pengujian dilakukan dengan mencampurkan bahan bakar solar dexlite dengan biodiesel minyak sawit dengan perbandingan 60% solar : 40% biodiesel, 50% solar : 50% biodiesel dan 40% solar : 60% biodiesel. Bahan bakar tersebut diuji dengan variabel pembebanan lampu 100watt. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan bahan bakar Dexlite 100% data yang di dapat menyimpulkan bahwa penggunaan BN 40% dapat meningkatkan prestasi kerja motor akan tetapi, pada penggunaan BN 50% dan BN 60% terjadi penurunan prestasi kerja motor diesel tersebut dalam variable daya. Dalam data variable torsi yang didapat menyimpulkan bahwa penggunaan BN 40% dapat meningkatkan prestasi kerja motor akan tetapi, pada penggunaan BN 50% dan BN 60% terjadi penurunan prestasi kerja motor diesel tersebut. Pada data variabel sfc (konsumsi bahan bakar) yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar Dexlite BN 40% dan 60% BN lebih irit dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar Dexlite 100%, dan Dexlite BN 50%.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3517
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback