Hubungan Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Internet dalam Proses Belajar Daring
Abstract
Kecenderungan kecanduan internet adalah disaat individu tidak dapat mengontrol keinginan dan menyebabkan dampak yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan internet dalam proses belajar daring. Penelitian dengan responden 200 terdiri dari 151 perempuan dan 49 laki-laki dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebarkan dua skala penelitian yang terdiri dari skala kecenderungan kecanduan internet yang dimodifikasi dari Young (1998) dan skala kontrol diri yang dimodifikasi dari De Ridder dkk (2012). Data analisis dengan meggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan internet dengan nilai r sebesar -.512 dengan nilai p = .000 (p < 0,05). Semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah kecenderungan kecanduan internet. Sumbangan efektifnya adalah sebesar 26%.