Hubungan Lingkungan Sosial dan Promosi Rokok dengan Perilaku Merokok pada Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Loa Bakung Samarinda
Abstract
Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan sosial dan promosi rokok dengan perilaku merokok pada pedagang kaki lima di Kelurahan Loa Bakung Samarinda. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu analitik dengan menggunakan desain rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh responden. Populasi penelitian adalah pedagang kaki lima di Kelurahan Loa Bakung Samarinda dengan sampel penelitian 115 yang didapatkan menggunakan teknik cluster random sampling. Uji statistik menggunakan Chi-square. Hasil: Adanya hubungan lingkungan sosial dengan perilaku merokok pada pedagang kaki lima diperolehp-value 0.000 danadanya hubungan promosi rokok dengan perilaku merokok pada pedagang kaki lima diperolehp-value 0.000. Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi atau teori yang menyokong perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang ilmu Kesehatan Masyarakat tentang perilaku merokok.