Hubungan Kampanye dan Promosi Rokok dengan Perilaku Merokok pada Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Sambutan Samarinda
Abstract
Tujuan Studi: Untuk mengetahui hubungan kampanye dan promosi rokok dengan perilaku merokok pada pedagang kaki lima di Kelurahan Sambuan Samarinda. Metodologi: Desain penelitian adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional melalui pendekatan cross-sectional. Populasi yang diperoleh merupakan seluruh pedagang kaki lima yang berusia >15 tahun dan berjumlah 114 pedagang dimana besaran sampel yang didapat dari hasil perhitungan jumlah populasi yaitu berjumlah 97 orang. Teknik sampel yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Analisis statistik dilakukan dengan teknik uji chi square untuk mengetahui hubungan variabel kampanye dan promosi rokok dan perilaku merokok. Hasil: Di dapat nilai p-value = 0,009 (p < 0,05) yang memiliki makna adanya hubungan antara kampanye dan promosi rokok dengan perilaku merokok pada pedagang kaki lima di Kelurahan Sambutan Samarinda. Manfaat: Hasil studi ini mampu dijadikan sebagai dasar pedoman evaluasi dan pertimbangan kepada Instansi Pemerintah terkait larangan dan kebijakan untuk mengurangi konsumsi rokok sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan.