Show simple item record

dc.contributor.authorNurhayati, Nurhayati
dc.date.accessioned2024-01-31T00:38:25Z
dc.date.available2024-01-31T00:38:25Z
dc.date.issued2022-02-23
dc.identifier.citationAli, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi remaja : Perkembangan Peserta Didik. PT. Bumi Aksara. Anaya, A. D., & Ghozali, G. (2021). Literature review: Dampak pandemi covid-19 terhadap obsessive compulsive disorder pada remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 644–655. Awailuddin, Zarina, A., Christy, & Afriani. (2020). TINJAUAN PANDEMI COVID-19 DALAM PSIKOLOGI PERKEMBANGAN (S. Riana, M. Marty, N. Haiyun, & Afriani (eds.)). Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=QxoeEAAAQBAJ&oi=f nd&pg=PA138&dq=info:htzlgryAZeAJ:scholar.google.com/&ots=ylsm dknCnq&sig=bl4CmCRBwMaTWNgZVKjO3f31d3Y&redir_esc=y#v=o nepage&q&f=false Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2020). Hubungan terpaan berita COVID-19 di televisi dan tingkat pendidikan dengam tingkat kecemasan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Syria Studies, 7(1), 37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_gover nance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.eco n.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think- asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/4185762 5 Charin, R. O. P., & Afriandi, F. (2021). Vietnam Dan Indonesia Di Awal Pandemi Covid-19. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 184–203. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1295 Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750 F, A. dinda, S, milla evelianti, & Wowor, tommy J. . (2022). faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan masyarakat pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021 di kelurahan tirtajaya kecamatan sukamajaya kota Depok. 10(1), 34–44. Fikriah, S. A., Kurnianingrum, R. A., Zahra, L., Setiowati, D., & Kesehatan, F. I. (2022). GANGGUAN EMOSIONAL PADA PELAJAR SMK DI DEPOK SAAT MASA PANDEMI COVID-19 Abstrak. 5, 123–129. Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (2019). Pengaruh Tingkat Gejala Kecemasan terhadap Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Biomedik : Jbm, 11(3), 137–143. https://doi.org/10.35790/jbm.11.3.2019.26303 Haumeni, wilfredo john, & Elon, Y. (2022). TINGKAT KECEMASAN REMAJA DALAM PENERIMAAN VAKSIN COVID-19 Wilfredo John Haumeni* 1 , Yunus Elon 1 1. 10(April 2022), 130–135. Hurlock, E. (2004). psikologi perkembangan. PT. Gelora Aksara Pratama. Kemenkes RI. (2021). Penyakit Infeksi Emerging. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/dashboard/covid-19 Lautan, lydia moji, & Savitri, E. wahyu. (2021). Tingkat Kecemasan Perawat di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. https://books.google.co.id/books?id=GHdVEAAAQBAJ&pg=PA6&dq= savitri+kecemasan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjC- aGKm8j4AhXMTmwGHcgCDT0Q6AF6BAgFEAM#v=onepage&q=sav itri kecemasan&f=false Manurung, E. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Kecemasan Siswa SMA Swasta Terhadap Pandemi Covid-19. Nursing Inside Community, 3, 8–14. Masyah, B. (2020). Pandemi Covid 19 terhadap Kesehatan Mental dan Psikososial. Mahakan Noursing, 2(8), 353–362. http://ejournalperawat.poltekkes- kaltim.ac.id/index.php/nursing/article/view/180/74 Mulyadi, E., & Kholida, N. (2021). Buku Ajar Hypnocaring. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=DaBOEAAAQBAJ&pg=PA126&d q=Buku+terbaru+kecemasan+pengertian&hl=id&sa=X&ved=2ahUKE wjwt- bKl8j4AhV1TGwGHSRBDycQ6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=Buku terbaru kecemasan pengertian&f=false Ningsih, F. A. (2022). Hubungan Karakteristik Terhadap Kecemasan Ibu Hamil Selama Pandemik COVID-19. 1–10. Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revi). PT.Rineka Cipta. Oktaviany, R. (2021). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap kesehatan jiwa remaja. Ilmu Kesehatan Mental Anak, 2(2), 1–7. Pramesti, & Amalia, N. (2022). Persepsi Psychological Well Being Tentang Stres pada Remaja di masa Pandemi. Borneo Student Research, 3(2), 1929–1934. Prihantoro, W., Aini, dwi nur, & Prihati, dyah restuning. (2022). hubungan kesiapan pembelajaran jarak jauh dengan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan semester v dimasa pandemi COVID-19. 14, 189–198. Putri, M., Program, Y. B., S1, S., Keperawatan, I., Kesehatan, F., Muhammadiyah, U., Barat, S., Pasir, J., No, J., Tigo, N., Tangah, K., & Padang, K. (2022). Efektifitas Penerapan Terapi Self Talk Dan Manajemen Stres Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Remaja. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 10(1), 23–28. Ramaiah, S. (2003). Kecemasan Bagaimana mengatasi penyebab nya. https://books.google.co.id/books?id=LOJsrMTwYAcC&printsec=frontc over&dq=buku+kecemasan+keperawatan+terbaru&hl=id&sa=X&ved= 2ahUKEwjC6vTnnMj4AhVYT2wGHbKKC- gQ6AF6BAgMEAM#v=onepage&q&f=false Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80–83. Sarwono, S. (2011). Psikologi Remaja. PT. Raja Granfindo Persada. Sibarani, I. H. (2020). Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Penurunan Aktivitas Fisik Pada Remaja Selama Lockdown. 2. Sonartra, E. N. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesehatan Mental Anak Dan Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(1), 25–31. https://doi.org/10.26753/jikk.v17i1.507 Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415 Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Nuha Medika. Tamimy. (2021). Efek Pandemi Covid 19 Terhadap Aktivitas Fisik Dan Kualitas Tidur Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Pucang V Sidoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(9), 137–143. Thahir, A. (2020). Buku Daras Psikologi Perkembangan. Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat: Mengelola Kecemasan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 69. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550 Yunita, R., & Kurniasari, L. (2022). Hubungan Kecanduan Media Dengan Tingkat Kecemasan pada ada Mahasiswa S1. 3(2), 1857–1863. Zhang. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. 395. https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140- 6736(20)30547-X/fulltextid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3738
dc.description.abstractLatar Belakang : COVID-19 Merupakan virus jenis baru yang ditemukan di kota Wuhan Cina, virus pandemik COVID-19 ini menyebabkan tingginya tingkat kematian yang membuat dunia berada dalam keadaan siaga maksimal.Beberapa anak dan remaja lebih rentan terhadap efek psikososial saat terjadi pandemik, pandemik COVID-19 yang terjadi dapat menambah badai dan tekanan pada remaja yang akan menimbulkan kecemasan. Tujuan : Untuk mengetahui apakah ada hubungan dampak pandemik COVID-19 dengan tingkat kecemasan remaja. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dirancang menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa remaja SMA 14 Samarinda sebanyak 153 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi, sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pandemik COVID-19 dengan nilai rata-rata 35 memberikan dampak 33%-35% dan tingkat kecemasan dengan nilai rata-rata12 memberikan tingkat kecemasan 10%-13%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan pearson product moment di dapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,005 berdasarkan nilai rhitung yaitu 0,552 > 0,159. Memiliki tingkat hubungan yang kuat antara dampak pandemik COVID-19 dengan Tingkat Kecemasan remaja yang menuju kearah hubungan negatif. Kesimpulan Penelitian: Ada hubungan dampak pandemik COVID-19 dengan tingkat kecemasan remajaid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDampak Pandemikid_ID
dc.subjectCOVID-19id_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Dampak Pandemik COVID-19 dengan Tingkat Kecemasan Remajaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between the Impact of the COVID-19 Pandemic and Adolescent Anxiety Levelsid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record