Hubungan Resiliensi Akademik dan Peran Orangtua Terhadap Stress Anak Sekolah Dasar Saat SFH ( Study From Home ) : Literature Review
Abstract
Latar Belakang : Pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease-19) telah mempengaruhi sistem pendidikan di seluruh dunia, yang mengarah ke penutupan sekolah, Universitas, dan perguruan tinggi. Penerapan kebijakan belajar di rumah membuat sebagian siswa merasa cemas dan tertekan. Faktor - faktor penyebab terjadinya stress pada anak diantaranya yaitu resiliensi akademik dan peran orang tua. Resiliensi akademik berpengaruh karena pada kondisi pandemi saat ini anak anak dituntut untuk mampu beradaptasi dengan keadaan baik itu pembatasan sosial, ataupun pembelajaran daring yang kini diterapkan di Indonesia dan peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran anak secara daring.
Tujuan Studi : Menganalisis beberapa artikel terkait hubungan resiliensi akademik dan peran orangtua terhadap stres anak saat sfh (study from home).
Metodelogi : metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau literature review.
Hasil : Hasil studi dari 15 artikel penelitian terdapat hubungan antara resiliensi akademik dan peran orangtua terhadap anak saat sfh (study from home).
Kesimpulan : Dari 15 artikel sebagian besar menyebutkan terdapat hubungan antara resiliensi akademik dan peran orang tua terhadap stres anak saat sfh (study from home).