Hubungan Pendampingan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap Stres Anak Saat SFH: Literature Review 2021
Abstract
Latar belakang: Pada Maret 2020, Indonesia menjadi negara pertama yang mengkonfirmasi Covid-19. Karena pembelajaran tatap muka dilarang untuk menghentikan penyebaran Covid-19, maka dilaksanakan di semua jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Keluarga berperan penting dalam pendidikan anak di masa pandemi, dan salah satu tugas selama Study From Home adalah belajar di sekolah, yang diperlukan untuk menyelesaikan semua kegiatan sekolah di rumah. Mendampingi anak di rumah mengacu pada upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan anaknya dan mencari solusi atas permasalahan agar tumbuh kembangnya dapat tumbuh dengan baik.
Tujuan: Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi penelitian sebelumnya yang mengkaji dampak keterlibatan orang tua dan gaya pengasuhan terhadap tingkat stres anak selama Study From Home.
Metodologi: Kajian pustaka merupakan salah satu jenis metodologi penelitian yang melibatkan beberapa langkah dengan menggunakan metode pengumpulan data kepustakaan dan publikasi ilmiah yang ditemukan melalui pencarian bahan kepustakaan pada variabel kajian. Sepuluh publikasi asing dan lima jurnal dalam negeri digunakan untuk menyusun data penelitian ini, mencakup tahun 2017-2021.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian literature review dari 15 jurnal ditemukan 8 jurnal membahas tentang pendampingan orang tua, 4 jurnal membahas tentang pola asuh dirumah, dan 3 jurnal membahas stres anak. Untuk itu diperlukan pendampingan orang tua dan pola asuh terhadap stres anak saat Study From Home.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis jurnal yaitu membahas banyaknya tuntutan belajar dirumah serta adaptasi dengan system pembelajaran daring menimbulkan stress pada anak sehingga pendampingan orang tua dan pola asuh sangat berpengaruh saat Study From Home untuk mencegah resiko stres pada anak.